Tim Zona Intergritas Kankemenag Wonosobo Diskusi Tentang Analis Jabatan

Wonosobo – Jumat bersemangat menuju Zona Integritas, Kasubag TU Mahbub saat memimpin apel Jumat Pagi (21/5) di Halaman Kankemenag Kab. Wonosobo menyampaikan agar seluruh ASN Kankemenag usai apel pagi dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dan diskusi mengenai analis jabatan yang menjadi bagian dari upaya sukses pelaksanaan Zona Integritas.

Selanjutnya menindaklanjuti arahan Kasubbag TU tersebut, seluruh ASN lingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo dihari yang sama langsung menghadiri diskusi tersebut. Selain Staff, tampak hadir dalam diskusi tersebut yakni jajaran Kasi/Penyelenggara dan Kassubag TU Mahbub, serta dibuka langsung oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid. Acara berlangsung selama kurang lebih dua jam, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pembukaannya, Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid sampaikan bahwa analisis Jabatan merupakan suatu kegiatan mengumpulkan informasi yang lengkap dan benar mengenai jabatan yang ada dalam suatu organisasi, “adapun tujuan kegiatan ini adalah agar dari hasil analisis tersebut dapat disusun uraian jabatan yang lengkap dan akurat termasuk juga spesifikasi jabatan dan persyaratan yang harus di penuhi oleh calon pemegang jabatan,” tandas Farid.

Ia menambahkan, analisis jabatan menyangkut fakta, yaitu informasi tentang apa saja yang dikerjakan dalam jabatan itu, bukan tentang si pemegang jabatan.

Usai dibuka oleh Kakankemenag Ahmad Farid, dilanjutkan sesi diskusi yang dipandu oleh Analis Kepegawaian Nasmin dan anggota Tim ZI Yuli Suroso. Dalam arahannya Nasmin sampaikan kegiatan ini sangat penting agar setiap pegawai mengenal dengan baik setiap tanggung jawab yang diamanatkan dalam jabatan yang diemban oleh setiap ASN Kankemenag Wonosobo.

Selanjutnya Yuli Soroso jelaskan secara detai hal-hal terkait berbagai komponen isian dalam analis setiap jabatan bagi masing-masing jabatan yang diemban, “diskusi ini menambah wawasan karyawan tentang amanat sebuah jabatan untuk dilaksanakan sesuai regulasi yang ada,” jelas Yuli.

Sementara itu Kasi PAIS Fakih Khusni yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan harapannya dengan adanya pembahasan analis jabatan setiap ASN mampu menerjemahkan makna jabatan dalam tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan kesungguhan, “setiap amanat harus dilaksanakan dengan baik, karenanya setiap jabatan yang diemban haruslah diketahui analisanya dengan cermat,” kata Fakih. Fk-ws