Kegiatan Kantin MAN 1 Banjarnegara

Tingkatkan Kerohanian Siswa Melalui Program Kantin

Banjarnegara – Organisasi Rohis MAN 1 Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan ‘KANTIN’ yang merupakan kependekan dari Kajian Rutin di Masjid Uswatun Khasanah MAN 1 Banjarnegara, Rabu, (16/6).

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja jangka pendek dari divisi Medis (Media dakwah islam), yang rutin diselenggarakan sepekan sekali sebelum datangnya masa pandemi. Kegiatan ini baru diselenggarakan kembali dan akan dirutinkan lagi dengan melihat dan menyesuaikan kondisi yang ada. Pandemi sangat berpengaruh pada kegiatan-kegiatan yang membutuhkan tatap muka secara langsung, sebab akan kurang efektif bila di laksanankan melalui media (Online).

Kajian ini di gelar di Majid Uswatun Khasanah yang terletak di MAN 1 Banjarnegara. Kajian ini di ikuti oleh pengurus dan anggota Rohis MAN 1 Banjarnegara, tamu undangan dari organiasi siswa madrasah (OSIM), pengisi materi Suratin dan Sunar yang merupakan guru bidang pendidikan agama Islam di madrasah tersebut.

“Kajian rutin keagamaan seperti ini sangat dibutuhkan untuk meng update keilmuan pada peserta didik,” tutur Sunaryo, selaku kepala madrasah MAN 1 Banjarnegara.

Dalam sambutannya, Sunar, memberikan motivasi terkait kewajiban semangat menimba ilmu dalam kondisi apapun.  “Sudah selayaknya organisasi ROHIS menjadi pionir dan percontohan dalam bidaang keagamaan, meskipun musim pandemi harus tetap semangat dalam menimba ilmu,” terangnya.

Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.30-11.30 WIB. Pada kesempatan kali ini, Suratin mengisi kajian kitab pada bab Shalat dari kitab Mabadi Fikih Juz 3. Untuk membuka kajian rutin tersebut, Rebana Al-Mawaddah MAN 1 Banjarnegara ikut serta memeriahkan acara dengan menampilkan beberapa lagu religi.

Kajian ini di laksanakan untuk mengisi waktu siswa dengan kegiatan positif dalam bidang keagamaan, untuk memantapkan pemahaman siswa tentang hal-hal terperinci dari kaidah-kaidah yang diterapkan dalam Islam. (ic/ak/rf)