Tingkatkan Kualitas ASN, Kemenag Menggelar Pengajian Rutin Selama Ramadhan

Cilacap – Untuk meningkatkan kualitas kinerja ASN, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menggelar pengajian rutin. Kegiatan tersebut dihelat usai shalat Dhuhur berjamaah di mushalla Al Ikhlas.

Kakankemenag Kabupaten Cilacap, Jamun, mengatakan bahwa, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Yang perlu dicermati adalah bagaimana agar Ramadhan tidak lewat begitu saja. Diperlukan cara atau metode agar ASN yang beragama Islam dapat memperoleh keberkahan tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan kegiatan yang dapat mengigatkan kepada Allah SWT.

Dikatakan lebih lanjut, puasa bagi umat Islam bukanlah sebuah hambatan untuk meningkatkan kualitas kinerja. Orang yang berpuasa dengan sebenar-benarnya puasa, maka dia tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. Hal ini sesuai dengan tujuan utama dari puasa itu sendiri, yakni pengendalian nafsu. Siapapun orangnya yang dapat mengendalikan nafsu, maka dia akan menjadi pribadi terbaik.

Agar dapat menjalankan puasa dengan sebenarnya, maka manusia memerlukan petunjuk agar tidak keliru. Petunjuk umat Islam berada pada kitab Qur’an dan Hadits. Karena terbatasnya manusia yang mampu memahami kedua petunjuk tersebut, maka diperlukan pembelajaran melalui guru.

“Salah satu cara efektif agar umat Islam mampu memahami dan mempedomani petunjuk hidup adalah melalui majelis taklim. Untuk itulah saya minta seluruh ASN yang beragama Islam mengikuti pengajian ini. Walaupun kelihatannya seperti pada pengajian lainnya, namun muatan dan momennya berbeda. Kita tentunya tidak ingin usaha puasa kita hanya mendapat lapar dan dahaga. Coba kita ingat berapa usia kita sekarang, yang jelas sudah tidak muda lagi. Akan tetapi sudah seberapa baik kualitas puasa kita berpengaruh terhadap kepribadian kita sehari-hari? Ini yang harus kita cermati bersama agar kita bisa meningkatkan kualitas diri kita,”tegasnya.

Dikatakan pula bahwa, manusia yang dapat mengendalikan nafsunya berarti seluruh perbuatannya tidak ada yang menyimpang. Dia melakukan seluruh aktifitasnya di dunia sesuai petunjuk. Sistem kerja organ di dalam tubuh bekerja secara normal. Sehingga menurutnya sangat masuk diakal bahwa puasa dapat menyehatkan. Hal ini karena berpuasa dapat menormalkan sistem yang tadinya bekerja terlalu keras atau terlalu lemah.

“Bermodal kualitas kepribadian terbaik dan kesehatan, maka ASN mampu menjadi abdi negera terbaik. Tidak bisa dibayangkan betapa aman dan tenteramnya jika seluruh umat Islam menjadi pribadi terbaik. Sungguh suatu rahmat yang sangat besar dari Allah SWT. Sehingga untuk memperolehnya memerlukan perjuangan yang sangat keras dan panjang,”pungkasnya. (On/bd)