Tingkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Melalui Program Unggulan Tahfidz

Surakarta – Sejalan dengan pelaksanaan misi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI yaitu mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), meningkatkan mutu lulusan siswa bidang PAI dan mengembangkan minat siswa sekolah untuk mencintai, mendalami dan mengamalkan PAI, Sekolah Dasar Djama'atul Ichwan (DJI) Kota Surakarta berupaya keras mempersiapkan siswa-siswinya untuk mewujudkan mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah melalui program unggulan Tahfidz

Masih dalam rangkaian pelaksanaan misi Kemenag tersebut SD DJI Kota Surakarta menggelar Ujian Terbuka dan Wisuda Haflah Khotmul Qur'an Angkatan ke XII yang diikuti oleh 83 peserta terdiri dari 7 peserta Juz Amma Plus Khossoh, 31 peserta Juz Amma Plus dan 45 peserta Juz Amma di Ruang Meeting Megaland Hotel, Sabtu (24/3).

Kepala Kemenag Kota Surakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Pengawas PAI SD Sumiyati, menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada wisudawan-wisudawati Haflah Khotmul Qur'an SD DJI.

"Saat ini dan ke depan tantangan jaman dan kehidupan makin berat, Al Qur'an adalah solusi utama untuk menghadapi berbagai masalah dan benturan hidup sehingga kita akan tetap tegar,optimis dan sukses," tegas Sumiyati.

Dikatakan juga bahwa saat ini pemerintah melalui Kemenag telah memperhatikan dan memfasilitasi siswa siswi yang berprestasi dalam bidang tahfidz dengan memberikan beasiswa masuk ke lembaga pendidikan negeri yang berada di bawah binaan Kemenag.

"Anak-anak teruslah meningkatkan hafalan Qur'annya, memahami maknanya dan berusaha mengamalkan isi kandungan Al Qur'an karena dengan semakin banyak hafalan Al Qur'an maka akan semakin cerdas dan sehat," jelasnya.

Di akhir sambutannya Sumiyati mengajak seluruh civitas akademika SD DJI untuk terus berproses meningkatkan mutu dan layanan terbaik Pendidikan Agama Islam di sekolah sehingga SD DJI akan tetap eksis dan diminati masyarakat luas di wilayah Kota Surakarta dan sekitarnya.

Kepala Sekolah SD DJI yang diwakili Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum PAI Khomsi, menjelaskan porogram Tahfidz di SD DJI dari tahun ke tahun mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas secara signifikan, terbukti semakin banyaknya siswa yang diwisuda dan semakin banyak surat surat Al Qur'an yang dihafal. Diantara siswa yang diwisuda tahfidz ini ada beberapa siswa yang berprestasi di bidang olahraga yaitu cabang atletik yang sebentar lagi akan maju lomba tingkat propinsi mewakili Kota Surakarta.

"SD DJI selain memfasilitasi siswa siswinya di bidang PAI juga memfasilitasi siswa siswi di Bidang PAI juga memfasilitasi siswa-siswi di bidang Olah Raga melalui kegiatan ekstra kurikuler olah raga sehingga selain berpretasi di bidang PAI juga berprestasi di bidang olah raga dan akademik lainnya,”ungkap Khomsi. (rma)