Tobroni : Pentingnya Pemahaman Agama di Era Digital

Kebumen-Pemahaman terhadap agama di zaman sekarang menjadi sangat penting, apalagi di era globalisasi dan digitalisasi sekarang yang cenderung meningkat dan berkembang dengan sangat cepat. Hal ini disampaikan Kepala Kankemenag Kebumen  Imam Tobroni dihadapan 45 siswa SMA dan SMK saat membuka kegiatan Penguatan wawasan Islam rohmatan lil'alamin dan multikultural, Rabu (28/2) di hotel Candisari.

Kepala Kantor lebih lanjut menerangkan bahwa menurut sejarah dalam teori yang berkembang saat ini, perkembangan masyarakat Indonesia terbagi menjadi empat zaman, diantaranya zaman batu, masyarakat agraris, industri dan informasi. “Kita saat ini berada di zaman informasi, yang ditandai dengan munculnya digitalisasi modern serba cepat dan canggih,” ucap Tabroni.

“Saat ini informasi sangat mudah diperoleh bahkan akan datang sendiri, ini terbukti saat kita menggunakan hp android,” tuturnya. Hampir saja kita tidak bisa lepas dari berbagai informasi mulai yang baik dan buruk. Dan ini sudah diprediksi oleh futurolog zaman dahulu bahwa kita akan sampai pada tahapan zaman sekarang dengan era digital tersebut, lanjutnya.

Era informasi tidak bisa kita hindari, terkait hal tersebut Tobroni berpesan kepada seluruh peserta supaya bisa menyaring informasi yang datang, karena menurutnya ada informasi yang benar-benar sesuai fakta dan ada informasi yang tidak sesuai fakta (hoak), termasuk kemungkinan didalamnya beragam informasi tentang agama dan budaya.   

Menyikapi hal tersebut kita sebagai umat Islam harus bisa memposisikan diri.  “Kita hidup,  makan dan mati berada di Indonesia, jangan sampai menjelekkan Indonesia, jadilah orang Indonesia yang baik, selain itu juga percaya Islam sebagai keyakinan, sehingga kita bisa menjadi orang yang beragama Islam dan mencintai Indonesia,” pungkasnya.(pt/rf)