Training Service Exellent Guna Tingkatkan Pelayanan

Semarang (Humas) – Training Service Excellent untuk Front Office Kanwil Kemenag Prov. Jateng bekerja sama dengan pihak Bank Mandiri yang digelar pada Selasa, 25 Mei 2021 di Aula lantai 3 Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Tujuan diadakannya training ini guna meningkatkan kualitas SDM di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. (25/5)

Hadir dalam training tersebut Fajar Adhy Nugroho selaku Kabag TU dan seluruh jajaran front office Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Sedangkan dari pihak Bank Mandiri Sisingamangaraja tampak hadir Nur Kusumaningsih selaku Kepala Cabang, Novar Anang Pandria selaku Government Business Manager dan Fika Faradila selaku Service Quality Officer beserta Tim dari Bank Mandiri Sisingamangaraja.

Dalam sambutannya, Fajar Adhy Nugroho selaku Kabag TU menyampaikan bahwa seluruh jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng telah berkomitmen mewujudkan zona integritas dalam rangka reformasi birokrasi menuju WBK dan WBBM.

“Maka dalam rangka melayani masyarakat kita harus menjadi pelayan yang lebih bagus lagi. Dalam rangka reformasi birokrasi kita akan tingkatkan layanan kita,” ucap Fajar. 

“Kita maknai bahwa training ini bermanfaat bagi kita secara pribadi dan bermanfaat ketika kita bekerja untuk meningkatkan pelayanan kepada publik,” imbuhnya.

Materi training diberikan oleh Fika Faradila selaku Service Quality Officer dari Bank Mandiri Sisingamangaraja. Didalam materi yang diberikannya, Fika menerangkan bahwa service excellent dapat diberikan dengan siasat 4P, yakni product,  process, people, place. Pastikan produk, baik itu barang/jasa, dalam hal ini adalah pelayanan, informasi, ataupun berkas yang akan diberikan kepada masyarakat adalah yang terbaik. Selanjutnya dalam proses mendapatkan pelayanan pastikan masyarakat dapat mengaksesnya dengan cepat dan secara akuntabilitas, baik itu secara daring maupun tatap muka di kantor. Dan tak kalah pentingnya yakni dari pihak people/ SDM, sebagaimana front officer dari pihak Kanwil bersikap, bertingkah laku dan berpenampilan ketika melayani masyarakat. Senyum, salam, sapa, sopan dan santun adalah salah satu siasat dalam mewujudkan SDM yang berkualitas. Selanjutnya adalah place, yakni bagaimana kantor Kanwil Kemenag Prov. Jateng turut ambil andil, apakah tempatnya nyaman dan bersih?. Ke 4 faktor inilah yang akan menjadi landasan dalam mewujudkan service excellent.

Diakhir acara dilakukan sesi tanya jawab yang berjalan secara gayeng. Selain itu untuk menutup acara pada sore hari ini, pihak Bank Mandiri Sisingamangaraja memberikan kuis kepada jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang hadir. (pqq)