Try Out Mengukur Kemampuan dan Motivasi Siswa

Tegal (Slawi) – Madrasah mengadakan kegiatan Try Out  Hari Selasa (30/1),  di MTs Negeri Lebaksiu yang di ikuti oleh kelas 9 yang berjumlah 298 siswa. Kegiatan try out diadakan selama 2 hari, dalam sehari try out dilaksanakan pada dua sesi,sesi pertama dilaksanakan dari pukul 07.30 – 09.30 WIB dan sesi kedua pada pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Kegiatan try out UN memungkinkan siswa beradaptasi dengan berbagai soal ujian mata pelajaran yang di-UN-kan. Adaptasi dengan berbagai bentuk soal akan melatih cara berfikir siswa untuk menjawab soal ujian dengan baik.

Harapan waka kurikulum, agar siswa terbiasa menghadapi soal-soal ujian, bisa mengukur kemampuan, dan siswa mendapatkan motivasi pada try out yang dihadapi.

"Saya berharap dengan diadakan try out siswa terbiasa dengan soal-soal ujian, kemudian dari hasil try out dapat mengukur kemampuan siswa, dan mereka termotivasi," ucap Samsul Hadi.

Kegiatan try out ini, hasilnya diberikan pada siswa dan orangtua siswa. Dengan cara ini baik siswa maupun orang tua mengetahui sejauh mana kemampuan untuk menjawab soal yang berkaitan dengan UN.

Kegunaan kegiatan try out yang tak kalah penting adalah sebagai ajang penting motivasi siswa dalam belajar.(yud/rf)