Tumbuhkan Semangat Belajar Siswa Melalui Outing Class

Rembang — Tugas utama peserta didik adalah belajar, untuk menumbuhkan semangat belajar siswa salah satu kegiatan pembelajaran di MTs N 4 Rembang yaitu dengan mengadakan pembelajaran outing class.

Kepala MTsN Sumber, Masrum mengatakan, banyak manfaat yang didapatkan dari pembelajaran outing class, diantaranya menambah pengetahuan, wawasan dan menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap alam sekitarnya. “Selain itu, agar mampu mengatasi rasa bosan dan jenuh karena rutinitas belajar di kelas,” kata Masrum.

Pembelajaran outting class salah satunya adalah mata pelajaran sains atau IPA Terpadu. Dalam pelaksanaanya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan 1 kelompok beranggotakan 4-5 orang. Setiap kelompok melakukan eksperimen dan pengamatan tentang suhu dilanjutkan dengan uji asam, basa dan netral suatu larutan dengan menggunakan indikator alami yang terbuat dari bunga sepatu, kunyit dan bunga pacar air.

“Dengan metode pembelajaran outing class, diharapkan mampu menambah variasi dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi aktif, kreatif, inovatif dan mampu menghadirkan suasana yang menyenangkan dengan melibatkan siswa, guru dan alam sekitar,” ungkap Masrum.

Nayya salah satu siswa kelas 7 mengungkapkan, dengan pembelajaran outing class, siswa lebih mudah memahami dikarenakan bisa berinteraksi dengan alam dan belajarnya lebih menarik dan menyenangkan. “Saya lebih mudah dalam mencerna dan menangkap materi yang disampaikan,” ungkapnya.—dwi-iq-bd