UKGS Layanan Kesehatan yang Sangat Ditunggu dan Berarti

Semarang – Masalah kesehatan gigi sering terlupakan dan terabaikan. Pendidikan kesehatan gigi di madrasah masih rendah dan perlu ditingkatkan. Oleh karena itu layanan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah oleh Puskesmas Gunungpati sangat ditunggu dan berarti bagi Keluarga Besar MIN Kota Semarang.  Demikian point penting sambutan yang disampaikan Kepala MIN Kota Semarang saat membuka kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Tahap 2, Jum’at (30/11).

Kegiatan yang berlangsung di kelas III. A dan B ini diikuti oleh 75 siswa, dibantu 2 guru kelas dan petugas UKS. Hadir pula Imron Rosyadi selaku Pengawas MI Kota Semarang saat monitoring proses belajar mengajar di madrasah ini. Sementara petugas pemeriksa kesehatan gigi adalah Nurul Hidayah salah seorang bidan Puskesmas Gunungpati.

Dari hasil pemeriksaan ini, Nurul melaporkan dari 75 siswa Kelas III ada 11 siswa yang mengalami gigi sundulan, 10 siswa mengalami gigi berlubang, dan 8 siswa mengalami gigi mati.

Bagaimana agar hal ini tidak terjadi, Nurul menyarankan agar anak-anak rutin periksa gigi ke puskesmas atau fasilitas medis lainnya minimal 6 bulan sekali. Anak-anak harus rajin sikat gigi secara baik dan benar 3 X sehari (pagi, mau tidur, setelah makan). Juga jangan lupa, kumur-kumur sehabis makan manis.

Hal lain yang menunjang adalah pola makan. “Dengan anak dibiasakan makan gizi seimbang, otomatis enzim saling membutuhkan dan bisa menjaga kesehatan gigi,” tegasnya.

Ditambahkan, jika anak mengalami kerusakan gigi maka akan berdampak pada cara penguyahan tidak maksimal, kuman akan terbawa ke perut, dan kuman itu akan menimbulkan penyakit lain.  Kalau imunitasnya tinggi bisa dilawan, tetapi kalau imunitasnya rendah bisa menyebabkan sakit.

Subiyono selaku kepala madrasah menyampaikan terimas kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang baik ini. Semoga anak-anak tetap sehat dengan selalu menjaga kesehatan gigi sejak dini.

Ingat, ingat,  pesan bu dokter! “Sikat gigi dengan baik dan benar, periksa gigi secara teratur 6 bulan sekali, hindari kebiasaan buruk seperti menggit jari dan menggigit pensil, serta pilihlah pasta gigi yang mengandung fluour untuk memperkuat email gigi.” (sby/gt)