UNBK Di MAN Kroya Berjalan Lancar Dan Penuh Antusias

Cilacap – Selasa (11/4) merupakan UNBK hari kedua tingkat SMA/MA mapel Matematika. Sejak pertama dimulai, yakni pada Senin (10/04) antusias siswa sebagai peserta dan guru selaku panitia dan pengawas tampak begitu besar.

Sebelum dimulai, Kepala MAN Kroya Muslimin Winoto didampingi Waka Kurikulum Muh Nuryadin, memberikan pengarahan kepada para pengawas. Dia menyampaikan esensi materi tugas pengawas, yaitu apa saja yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas. Di antaranya, membacakan tata tertib siswa, cek foto peserta, mengedarkan daftar hadir peserta, dan setelah selesai mengerjakan soal mengingatkan siswa untuk logout.  Dia berharap pelaksanaan UNBK 2017 di MAN Kroya berjalan sukses.

“Walaupun tugas mengawasi sudah biasa kita lakukan selama bertahun-tahun. Tetapi yang namanya mengingatkan adalah hal yang sangat baik. Terlebih UNBK merupakan hal yang baru bagi kita. Karenanya saya berharap selain suskes penyelenggaraan juga sukses hasil. Untuk itu saya mohon seluruh pengawas maupun panitia bekerja secara profesional,”tegasnya.

Sementara itu, rona-rona siap dan antusias terpancar dari wajah para siswa saat memasuki ruangan untuk bertempur dengan soal-soal online. Kesiapan ini tentunya sangat beralasan, karena sejak pra-ujian sudah dilakukan pendalaman materi yang terjadwal sistematis, baik mapel umum maupun mapel pilihan. Meskipun pendalaman padat, siswa tetap bersemangat untuk persiapan UNBK. Hal ini terlihat kesibukan siswa ada yang belajar kelompok usai jam pendalaman materi.

Antisipasi

Satu hal penting yang tidak bisa diremehkan saat UNBK adalah mengantisipasi adanya gangguan listrik dan sambungan internet. Untuk itu panitia telah menyiapkan mesin genset yang siap dioperasikan sewaktu-waktu. Sedangkan terkait sambungan internet, panitia membagi saluran ke beberapa titik. Sehingga jika terjadi down (sambungan putus) pada satu titik bisa diatasi dengan menyambungkan ke titik lain yang up (sambugan internet normal).

Koordinator teknisi dan proktor, Sulisto mengatakan, bahwa pihaknya merasa bersyukur karena hingga hari kedua UNBK di MAN Kroya berjalan lancar tanpa gangguan listrik maupun internet. Dan dia berharap kelancaran tersebut akan terus terjadi hingga UNBK usai.(har/on/bd)