Usai Penilaian Akhir Semester Gasal, MAN 2 Tegal Adakan Class Meeting

Tegal – Setelah mengadakan penilaian akhir semester (PAS) gasal  tahun pelajaran 2018/2019 MAN 2 Tegal kembali mengadakan Kegiatan Class Meeting atau lomba antar kelas.

Class Meeting adalah salah satu kegiatan kesiswaan dalam kurikulum sekolah/madrasah setiap akhir semester atau akhir tahun pelajaran. Kegiatan yang diadakan oleh OSIS dan dibimbing pembina OSIS MAN 2 Tegal ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar kelas serta dijadikan sebagai penyalur bakat dan minat siswa dalam kegiatan olahraga, seni dan budaya.

Class meeting dilaksanakan sejak hari Sabtu 8 sampai 11 Desember 2018. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut mengadakan berbagai macam perlombaan. seperti lomba volly putra dan putri, futsal, senam, lari sprint, lomba kebersihan kelas, lomba membuat tong sampah dan lomba gambar poster yang bertemakan hari ibu yang diikuti oleh setiap perwakilan kelas.

Selaku pembina OSIS MAN 2 Tegal, Titik Lina Handaru mengatakan “Diadakannya kegiatan ini, selain sebagai ajang persahabatan antarkelas juga untuk mencari bibit-bibit unggul yang nantinya dapat dikirimkan ke ajang perlombaan seperti PORSENI, POPDA dan lain sebagainya”, terangnya.

Perlombaan ini bukan untuk persaingan namun untuk menjalin silatuhrrahmi antar kelas, namanya perlombaan pasti ada menang dan kalah”, imbuhnya.

Titik juga berharap agar semua siswa dapat lebih berpartisipasi dalam kegiatan serupa, walau tidak ikut langsung dalam perlombaan setidaknya bisa menjadi supporter untuk kelas mereka masing-masing.

“Menang kalah dalam perlombaan itu sudah biasa, namun saya harap mereka akan lebih termotivasi lagi agar menjadi lebih baik dalam lomba-lomba selanjutnya,” tambahnya.

Para siswa dengan semangat kompetisi sportif, kreatif dan inovatif sangat antusias dalam mengikuti setiap lombanya. M. Ismail selaku ketua panitia dalam kegiatan ini menuturkan, “Dirinya sangat senang atas kerjasama antara panitia dan peserta, walaupun ada beberapa kendala namun dapat diselesaikan dengan kepala dingin. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan Classmeeting juga merupakan program kerja dalam bidangnya yaitu bidang 4″, paparnya.

Tujuannya kegiatan ini selain merealisasikan program kerja, juga sebagai salah satu sarana untuk mengisi waktu luang dan refreshing setelah melaksanakan Penilaian Akhir Semester Gasal. Selain itu kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang pencari bakat dan potensi para siswa melalui kegiatan yang diadakan,” ujarnya.

Ditemui disela-sela kegiatan, Dimas Wahyudin salah satu siswa yang mengikuti lomba volly dan futsal ini merasa sangat senang diadakannya kegiatan dalam rangka menyalurkan bakat dan minat peserta didik.  

“Kami sangat senang bisa mengikuti berbagai perlombaan, selain bisa menyalurkan hobi juga melatih mental kita dalam bertanding. Selain itu kegiatan ini juga salah satu penghilang kejenuhan kami setelah sepuluh hari mengikuti Penilaian Akhir Semester Gasal”, ujarnya.

Dimas juga berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin dan lebih meriah lagi, pungkasnya. (dhi-ras/rf)