Vaksinasi Tahap Kedua dan Prokes, Ikhtiar menuju PTM di MAN 2 Brebes

BrebesSebanyak 89 Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes menjalani vaksin tahap kedua. Penyuntikan vaksin dosis kedua berlangsung di Ruang UKS MAN 2 Brebes, Sabtu, (29/5/2021).

Pemberian vaksin tahap kedua ini merupakan penyempurnaan dari pemberian vaksin tahap pertama yang telah dilaksanakan pada 26 April 2021 yang difasilitasi oleh Puskesmas Kaliwadas sebagai kepanjangan tangan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

Sebagaimana anjuran pemerintah bahawa vaksinasi covid-19 umumnya dilakukan dengan dua kali suntikan atau dua dosis dengan rentang waktu antara dosis pertama dan dosis kedua memiliki jarak waktu minimal dua minggu. Dosis pertama bertugas mengenalkan antibodi dengan virus. Setelah itu, vaksin pertama ini diharapkan membentuk antibodi khusus covid-19 dari perkenalan itu. Dan dosis kedua untuk mengoptimalkan antibodi yang sudah terlatih atau kenal di dalam tubuh, agar antibodi dapat menjadi semakin kuat saat melawan virus.

Kepala MAN 2 Brebes, Drs. H. Lutfil Hakim, M.Pd. menjadi  orang  pertama yang  divaksin. Kemudian diikuti oleh guru dan karyawan yang ada di MAN 2 Brebes. Kepala madrasah menyampaikan bahwa pemberian vaksin merupakan upaya  mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19, dan bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.

“Alhamdulillah, Vaksin tahap kedua, relatif berjalan cepat, lancar dan tidak ada kendala karena database peserta sudah ada dari vaksinasi tahap pertama. Dengan protokol kesehatan yang ketat, peserta menyerahkan bukti vaksin pertama dan fotokopi KTP, mengisi blanko isian vaksin, lalu menunggu antrian panggilan tahapan vaksin selanjutanya, screening, vaksinasi, dan observasi selama 30 menit. Jika tidak ada gejala kesehatan yang tidak normal selesai  vaksin, setelah memperoleh bukti vaksin peserta bisa meninggalkan tempat kegiatan,“ jelas Lutfil.(ESW/Sua)