Wagub buka STQ XXIII tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2014

Brebes – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini sangat masif, terlebih saat ini sangat mudah setiap orang untuk tergabung dalam jejaring sosial pada dunia maya menjadikan perubahan besar dan mendasar dalam hal moral masyarakat. Upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mempererat Ukhuwah Islamiyah merupakan tanggung jawab pemerintah kepada warga masyarakat.

Seleksi Tilawati Quran (STQ) merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah yang bekerja sama dengan Kementerian Agama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang keimanan serta bertujuan mulia untuk membumikan dan memasyarakatkan Al-Quran dikalangan umat islam itu sendiri. Disamping bernilai sangat positif juga menjadi ajang seleksi tingkat provinsi dalam upayanya pencarian bibit unggul berprestasi yang nanti akan dikirim sebagai wakil Jawa Tengah untuk ajang serupa pada tingkat nasional.

Penyelenggaraan STQ XXIII Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2014 yang dilaksanakan di Kabupaten Brebes bukannya tanpa makna dan yang hanya mengejar prestasi juara saja, namun lebih utama sebagai sarana strategis untuk memahami nilai-nilai Al Quran serta memupuk kecintaan dan kebanggaan umat terhadap kitab suci Al Quran. Dalam seleksi ini terdapat 8 cabang yang dilombakan antara lain : Tilawah Anak, Tilawah Dewasa, Tahfidz 1 Juz dan Tilawah, Tahfidz 5 Juz dan Tilawah, Tahfidz 10 Juz, Tahfidz 20 Juz, Tahfidz 30 Juz dan Tafsir Bahasa dan Hafalan 30 Juz yang masing-masing diikuti oleh putra dan putri. STQ yang mengambil tema “Dengan STQ kita Bumikan Al Quran sebagai Modal Pembangunan serta Pencapaian Prestasi Tilawatil Al Quran Provinsi Jawa Tengah” diikuti oleh 35 kafilah dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan dimeriahkan oleh kurang lebih 805 orang yang terdiri dari 560 orang peserta, 245 orang pendamping.

Acara Pembukaan STQ XXIII dilaksanakan malam ini di Alun-Alun Kabupaten Brebes, yang rencananya akan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si dan didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Brebes, Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah beserta jajarannya dan Ketua MUI Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko menyampaikan permohonan maaf Gubernur Jawa Tengah yang berhalangan hadir secara pribadi dikarenakan banyaknya jadwal kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan serta membacakan sambutan Gubernur.

Melalui Heru Gubernur berharap kepada segenap yang hadir dalam acara pembukaan STQ tersebut bahwa “Dengan membaca, memahami dan menghayati isi yang terkandung dalam Al Quran, insya Allah akan mempertajam kepekaan berpikir dan pengalaman secara ilmiah serta membawa hati yang sejuk dan damai, hal ini dikarenakan semakin kuatnya kesadaran kita kepada Allah, selain itu juga sebagai media syiar Islam dan menunjukkan bahwa Islam Rahmatan lil Alamin”.

Heru menambahkan bahwa “Sebagai kafilah yang telah terpilih untuk mengikuti kegiatan religius seperti ini, akan menjadikan tanggung jawab yang besar disamping sebagai duta kabupaten/kota yang harus membawa nama baik wilayah masing-masing, tapi juga harus memberikan suri tauladan kepada masyarakat luas karena mempunyai kemampuan memahami Al Quran yang lebih baik dibanding pada masyarakat kebanyakan lainnya. Harus mampu menjaga sikap dan perilaku yang baik, yang mencerminkan sebagai seorang muslim yang senantiasa memberikan kesejukan, kerukunan dan kedamaian, oleh karena itu dengan mengikuti STQ ini saya berharap akan membawa perubahan pada semua aspek kehidupan kita utamanya kebaikan pada diri dan lingkungan terdekat kita”.

Dalam Even Islami 3-tahunan ini target menjadi yang terbaik bukan yang utama, namun prestasi yang gemilang akan membawa kebanggaan tersendiri terlebih bagi setiap kafilah. Setiap pertandingan yang berbentuk kompetisi kalah-menang hal yang biasa, bagi pemenang diharapkan senantiasa meningkatkan kemampuan dan keterampilan sedang yang belum berhasil mengukir prestasi tetap berbesar hati dan menjadikan even yang baik ini sebagai pendorong motivasi untuk lebih bekerja keras sehingga nantinya mampu bersaing dengan peserta pada even yang akan datang.

“Terima kasih atas kerja kerasnya dalam membimbing kafilahnya dengan sungguh-sungguh serta teriring harapan semoga dapat memperoleh prestasi terbaik sesuai dengan target pencapaian yang diharapkan dengan meraih juara pertama pada beberapa cabang yang dilombakan seperti tilawah, tahfidz dan tafsir. Serta senantiasa untuk menjaga stamina dan kondisi kesehatannya agar dapat tampil prima, dengan cara mencaga pola makan, istirahat secukupnya dan memanfaatkan waktu luang untuk berlatih” lanjut Heru.

“Selamat mengikuti STQ semoga mampu menjadi qori/qori’ah dan hafidz hafidzah yang terbaik”, tutup Wakil Gubernur mengakhiri sambutan.

Usai membacakan sambutan, Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko membuka secara resmi STQ XXIII Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2014 dengan menabuh bedug yang didampingi oleh Bupati, Wakil Bupati Brebes, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng serta memencet bel secara bersamaan sebagai tanda Pembukaan STQ XXIII resmi dibuka. (gt)