Workshop Kurikulum 2013 KKG MI Kabupaten Karanganyar

Karanganyar  –  KKG MI KABUPATEN Karanganyar mengadakan kegiatan Workshop Kurikulum 13 untuk kelas 2 dan 5 bagi Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Karanganyar.  Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan diberlakukan tahun pelajaran 2018/2019 seluruh MI se kab Karanganyar dan penambahan kelas untuk melaksanakan Kurikulum 13 di kelas 2 & 5 setelah tahun kemarin telah melaksanakan kurikulum 13 pada kelas 1 & 4.

Dalam  Laporannya, Suwarno, S.Pd.I selaku Ketua Panitia kepada Kepala Kantor Kementerian Agama peserta diikuti oleh 65 MI  dengan jumlah peserta 82 guru. Pelaksanaan ini dilaksanakan 2 ( dua ) gelombang, gelombang pertama dilaksanakan di Gedung Dakwah Muhamadiyah hari senin-Rabu tanggal 25-27 Agustus. Dan gelombang 2 diikuti oleh guru kelas 5, dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kab. Karanganyar hari Senin, Rabu dan Kamis Tanggal 10,12 dan 13 September 2018.

“Perubahan adalah keniscayaan, dalam regulasinya kurikulum 13 merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Merupakan kurikulum yang sesuai dengan kubutuhan masa kini, yang dipersiapkan untuk mendidik para siswa sesuai zamannya.” 

“ Kita harus keluar dari Zona Aman “   Demikian  inti sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Bapak H. Mustain Ahmad.

Perubahan Kurikulum 13 yang sudah mengalami  revisi beberapa kali, diharapkan segera bisa direalisasikan secara penuh dan mantap  tanpa ada lagi berubahan-perubahan yang berarti. Harapan ini disampaikan para guru ketika sesi diskusi dengan nara sumber. Perubahan-perubahan buku terutama, sangat mengganggu madrasah dalam membantu Madrasah sudah membelanjakan buku  siswa untuk kelas 1 & 4 . kemudian ada perubahan-perubahan sehingga buku yang telah dibeli sudah tidak bisa dipakai lagi.

Walau begitu para guru sangat antusias mengikuti kegiatan workshop  dari pukul 07.30 sampai jam 15.00 sampai hari terakhir. Alhamdulillah semoga barokah dan bermanfaat. (ida-ep/bd)