Wujudkan Generasi Muda Berprestasi Melalui PENTAS PAI

Surakarta – Dalam rangka membina generasi muda Islam untuk mendalami agama  dan meningkatkan motivasi belajar agar lebih semangat mempelajari dan mencintai agama Islam, Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta menyelenggarakan Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Tingkat Kota Surakarta Tahun 2017 di komplek KBIH Mandiri Surakarta, Selasa (1/8).

Mewakili Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta yang berhalangan hadir, Kasi PAKIS, Sunarno, membuka secara resmi kegiatan lomba yang diikuti  165 orang peserta dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

“Pentas PAI ini jangan hanya dijadikan ajang mencari prestasi, tetapi kegiatan ini dijadikan ajang silaturahim antar pelajar dan sebagai momentum untuk memperkokoh niat dan sikap kita dalam mewujudkan bangsa berkarakter,terutama bagi generasi muda,” tegas Sunarno dalam sambutannya.

Seleksi PENTAS PAI tingkat Kota Surakarta merupakan agenda kegiatan rutin sebagai wujud pelaksanaan kegiatan yang tertuang dalam program kerja Kantor Kemenag Kota Surakarta

Menurutnya PENTAS PAI ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT, menumbuhkan kembangkan pembentukan sikap, mental, sportifitas,kejujuran dan ukhuwah Islamiyah antar sesama siswa sekaligus dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang PAI, meningkatkan keberanian dan kemandirian peserta didik dalam menumbuhkan bakat dan minatnya, meningkatkan pembinaan dan sikap persatuan dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan rasa tanggung jawab dan demokratis.

“ PAI merupakan wahana kompetisi dalam mengaktualisasikan dan menumbuh kembangkan minat serta bakat peserta didik dari jenjang SD, SMP,S MA dan SMK,” jelas Sunarno.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan wadah pembinaan bagi peserta didik untuk menerima,  memahami, mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari, serta sebagai ajang seleksi untuk menentukan siswa yang berprestasi dalam bidang PAI untuk diberi kesempatan mengikuti Pentas PAI tingkat Propinsi.

” Siswa siswi yang mendapatkan juara 1 berhak maju mewakili kota Surakarta untuk mengikuti lomba Pentas PAI tingkat Propinsi Jawa Tengah di Donohudan pada tanggal 28 sampai 30 Agustus mendatang,” jelas Sunarno.

Ia berharap wakil dari Surakarta akan lebih kompeten dan berprestasi di tingkat propinsi, untuk itulah perlu ditingkatkan intensitas latihan dan tetap menjaga kesehatan.

“ Kami harapkan nantinya yang maju pada tingkat provinsi  agar lebih intensif dalam berlatih dan tak kalah pentingnnya jaga kesehatan kalian,” pungkas Sunarno.

Penyelenggaraan Seleksi Pentas PAI tingkat Kota Surakarta tahun 2017 ini mempertandingkan 6 jenis mata lomba  yaitu; Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat (LCC), Lomba Kaligrafi Islam (LKI) dan Lomba Debat PAI (LDP).

Adapun hasil kejuaraan secara umum, juara umum tingkat SD diraih kecamatan Laweyan, juara umum tingkat SMP diraih kecamatan Banjarsari dan juara umum tingkat SMA/SMK diraih kecamatan Banjarsari. (myt-abc)