Ziarah Bersama Bupati Dan Para Ulama Kabupaten Pekalongan

Kab.Pekalongan – Bersama Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE.,MM beserta ulama kabupaten Pekalongan, H.Kasiman Mahmud Desky, M.Ag selaku Kepala Kankemenag kabupaten Pekalongan, didampingi Kasi Bimas Islam,H.Moh.Irkham, M.Pd.I juga Kasi PD.Pontren Gunawan,S.H dan Kasi PAI, Asrofi,S.E ikut serta di kegiatan ziarah ke makam pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari di Tebuireng, Jombang Provinsi Jawa Timur, dalam rangka peringatan Hari Santri tahun 2021. (Sabtu- Minggu, 9-10 Oktober 2021).

Dalam sambutannya menjelang keberangkatan perjalanan ziarah, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq berharap ziarah yang merupakan rangkaian dari peringatan HUT Santri ini bisa lebih mempererat tali persaudaraan seluruh unsur dan tokoh agama di kabupaten Pekalongan , apalagi dalam kesempatan itu selain tokoh NU, hadir pula tokoh Islam dari Muhammadiyah dan Rifaiyyah.

“Saya berharap dengan rangkaian acara kita hari ini, ziarah ini , kita mempererat tali persaudaraan kita dan Alhamdulilah juga hadir dari keluarga besar Muhammadiyah, Rifaiyyah yang sama-sama kita lebih mempererat persaudaraan kita, tidak ada perpecahan dan InsyaAlloh ziarah kita hari ini selamat, menambah pahala buat kita dan bisa lebih mempererat persaudaraan antara pemerintah kabupaten Pekalongan dengan para kiai di kabupaten Pekalongan, “ tutur Fadia.

Sementara itu Kabag Kesra H Subagyo dalam laporannya menyampaikan tempat tujuan ziarah adalah ke makam pendiri NU KH Hasyim Asy’ari beserta keturunannya yang ada di Tebuireng Jombang.

“ Ziarah ini diikuti 97 pesantren yang ada di kabupaten Pekalongan, yang hadir ada 60 peserta, juga ada tokoh dari NU, Muhammadiyah, Rifaiyyah dan tokoh masyarakat lainnya,” ungkap H Subagyo

H Subagyo menambahkan, perjalanan ziarah menuju ke 3 (tiga) tujuan utama, dengan rute pertama ke makam KH Hasyim Aay’ari , kemudian ke makam KH Sulaiman di Mojoagung dan selanjutnya ke makam mbah Kholil Bangkalan Madura. (Ar/Ant/bd).