Zikir dan Peningkatan Etos Kerja sebagai Tanda Syukur

Purworejo – Pada Kamis (3/1) pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo diselenggarakan acara Tasyakuran Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama. Kegiatan ini di antaranya diisi tausiyah dan istighosah.

Nyai Siti Khuzaemah dalam tausiyahnya menyampaikan, bahwa pada hakikatnya Allah melimpahkan rizki yang sangat banyak kepada manusia dan kita tidak akan mampu menghitungnya, untuk itu kita harus bersyukur. “Salah satu wujud syukur kita kepada Allah di antaranya adalah dengan berzikir. Karena zikir meningkatkan iman dan taqwa kita, hati akan tenang bahagia, enteng dalam beribadah, rizki menjadi berkah, dan selamat dari musibah. Selain dengan zikir, syukur dapat kita wujudkan dengan meningkatkan etos kerja. Pekerjaan dan jabatan merupakan amanah yang harus kita jaga,” jelas Siti Khuzaemah.

Menyambung materi tausiyah, dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Drs. H. Bambang Sucipto, M.Pd.I., mengajak para ASN untuk menjadi golongan yang pandai bersyukur baik sebagai pribadi maupun institusi.

“Salah satunya adalah melalui rangkaian HAB ini, sebagai institusi Kemenag telah menyelenggarakan bakti sosial seperti khitan massal gratis untuk siswa MI, pembagian sembako untuk dhuafa, donor darah, beasiswa untuk siswa berprestasi pada madrasah, termasuk kegiatan yang saat ini tengah berlangsung, yaitu tasyakuran yang diisi dengan istighosah yang salah satunya adalah untuk berzikir kepada Allah. Mengucap syukur karena Kementerian Agama dapat melayani masyarakat selama rentang waktu 73 tahun dengan baik,” ucap Bambang Sucipto.

Di penghujung acara diumumkan berbagai kejuaraan tingkat nasional yang berhasil diraih keluarga besar Kemenag Kabupaten Purworejo selama kurun waktu satu tahun terakhir. Di antaranya Juara III Turnamen Pencak Silat Tingkat Provinsi Jawa Tengah diraih oleh Muhammad Dzaki Nurrosyid dan Vinka Syarief Hidayatulloh dari MTsN 1 Purworejo, Juara I Tahfidz dan Tilawah MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah diraih oleh Arrobi’ Uswatul Mara dari MTsN 2 Purworejo, Juara I Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Universitas Terbuka diraih oleh Tyas Syaharani dari MTsN 3 Purworejo, Juara I Vokalis Solo Gambus Tingkat Provinsi Jawa Tengah diraih oleh Ahmad Fatchul Wahab (Penyuluh Agama), dan Juara III Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi Jawa Tengah diraih oleh Ratna Ulfatul Fuadiyah (Penyuluh Agama).

Acara diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kemenag yang diserahkan kepada ketua penyelenggara kegiatan HAB yaitu Kepala Subbagian Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Purworejo Drs. H. Farid Solihin, M.M.Pd.(sgy/sua)