11 Siswa Madrasah terbaik Jateng ikuti Kompetisi Sains Nasional

Pontianak –  Kontingen Jawa Tengah berkompetisi dengan siswa madrasah di seluruh Provinsi se-Indonesia. Kompetisi yang berlangsung dari tanggal 23-27 Agustus 2016, kompetisi tahun ini berbeda dengan kompetisi tahun-tahun kemarin, kompetisi kali ini tidak hanya madrasah saja namun sekolah umum juga ikut berkompetisi. Ini merupakan kesepakatan kebijakan Kementerian Agama dengan Kementerian Pendidkikan dan Kebudayaan, yang menyebutkan bahwa kegiatan KSM yang diselenggarakan oleh Kemenag  dan Kemendikbud dapat diikuti oleh siswa-siswi madrasah dan sekolah. Demikian juga lomba lainnya yang diselenggarakan instansi tersebut.

Sedangkan kompetisi tahun ini tidak hanya ilmu pengetahuan dan teknologi siswa juga dapat menguasai dan paham benar tentang agama Islam. Kompetisi tahun ini meliputi Matematika dan Agama Islam, IPA dan Agama Islam untuk MI/SD, Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam, serta Fisika dan Agama Islam untuk MTs/SMP, sedang  Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam, Fisika dan Agama Islam, Kimia dan Agama Islam, Ekonomi dan Agama Islam, Geografi dan Agama Islam untuk MA/SMU.

Kompetisi diikuti oleh 865  terdiri dari 363 peserta KSM, 83 orang peserta dari MAN Insan Cendekia, 419 pendamping, sedangkan kompetisi MAN  Insan Cendekia akan dilakukan  secara terpisah, kompetisi ini dilaksanakan di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat atau di kota katulistiwa.

Peserta KSM Jawa Tengah terdiri dari MI Anita Winy Perwitasari Matematika Ganang Fattahuddien anwar  IPA,   MTs, Affan Najif Al Ghifari Matematika, Zaizafun Zahra  Fisika, Evariyani  Biologi,  MA,  Hanin Nur Farohah Lu’yan Matematika, Kautsar Mu’afa Kimia, Alin Baha’i  Biologi,  Nasiatul Hidayati Geografi, Nurismatul Izzah Fisika, Febri Firmansyah Ekonomi.(bd)