2080 Yatim Piatu Terima Santunan

Rembang – Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz menyerahkan santunan secara langsung kepada perwakilan yatim piatu pada upacara hari Jadi Kabupaten Rembang ke- 276 yang digelar di alun-alun kota Rembang pada Kamis (27/7).

Adapun yang menerima santunan yaitu sebanyak 2080 yatim piatu dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Rembang. Upacara ini dihadiri oleh jajaran Forkominda, pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, termasuk sebagian pejabat, Kepala KUA, dan staf Kementerian Agama Kabupaten Rembang. Hadir pula pengurus Badko TPQ masing-masing kecamatan yang mengantarkan anak-anak yatim piatu.

Dalam upacara ini, semua peserta nampak berpakaian adat Jawa. Begitu pula sambutan Bupati juga menggunakan Bahasa Jawa. Sementara dari pihak Kemenag Rembang, mengenakan seragam putih hitam.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, penggunaan busana Jawa dan bahasa Jawa ini merupakan upaya untuk nguri-nguri budaya Jawa. Bupati berpesan kepada masyarakat, utamanya generasi muda untuk tidak terpengaruh budaya luar yang berdampak negatif pada moral.

“Pramilo meniko supados tumindak ingkang nalisir, endharipun narkoba soyo mratah, mila sanget perlu pamudi daya kanthi nanemaken nilai-nilai agama, adat, lan budaya kangge ngawekani bab-bab ingkang andamel rugining para muda, mila lembaga pemerintah, pemangku adat lan budaya kedah sangkul-sinangkul kangge mujudaken masyarakat ingkang bermartabat lan berkarakter,” papar Bupati.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah menambahkan, keluarga merupakan sumber pendidikan utama generasi muda. Melalui penyuluh agama, Kemenag juga turut berperan dalam membentuk masyarakat yang berkarakter dna berakhlak mulia. . — ss/bd