21 Peserta Didik MAN 1 Rembang Ikuti KSNK 2021

Rembang — Sebanyak 21 peserta didik MAN 1 Rembang ikut berhelat dalam ajang bergengsi yaitu Kompetisi Sains Nasional Kabupaten (KSNK). KSNK dilaksanakan selama dua hari (3-4 Juni 2021) di laboratorium komputer MAN 1 Rembang.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan penjelmaan dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan oleh pusat prestasi nasional (Puspresnas) dari tingkat sekolah/madrasah, kabupaten, provinsi, dan nasional. Sedangkan KSNK adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat Kabupaten. Adapun sistem kepengawasan menggunakan sistem silang antar madrasah.

KSN ini meliputi 9 bidang lomba yaitu Matematika, Fiska, Kimia, Biologi, Astronomi, Informatika, Kebumian, Ekonomi, Dan Geografi.

Taufik selaku kepala MAN 1 Rembang merespon cepat tentang adanya surat pemberitahuan dari puspresnas akan adanya KSN tahun 2021. “Informasi adanya KSN langsung kami tindak lanjuti dengan cepat dengan mengirimkan 21 peserta. Mereka  terbagi dalam 7 bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi. Peserta sudah kami seleksi. Tiga peringkat terbaik kami kirimkan sebagai wakil dari MAN 1 Rembang dalam KSNK”, tandas Taufik.

Tsania Amiratus S (X MIPA 1) MAN 1 Rembang, peserta KSNK mapel mengatakan, jumlah soal serta durasi waktu mengerjakan masing-masing bidang berbeda-beda. “Jumlah soal mapel Kimia ada 36 dengan durasi waktu 45 menit, sehingga kami harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Selain itu berdasarkan peraturan, jika jawaban soal benar maka mendapatkan 3 poin dan jika jawabanya salah akan dikurangi 1 poin,” ujar Tsania.

Lancar

Sistem pelaksanaan KSNK tahun 2021 sangat berbeda dengan tahun sebelumya. Sistem pelaksanaan KSNK tahun 2021 sama persis seperti UNBK. Sutejo selaku proktor KSNK MAN 1 Rembang mengatakan, pelaksanaan KSNK hari pertama berjalan lancar tanpa kendala apa pun.

“Alhamdulillah pelaksanaan KSNK berajalan lancar, mulai dari setting VHD KSNK, setting komputer client, proses sinkronisasi sudah sesuai dengan petunjuk. Semuanya didukung dengan jaringan internet yang stabil”, kata Tejo.—tejo/iq