321 Pelajar dan Santri Berjuang dalam MTQ Pelajar Tingkat Kota Salatiga

Salatiga – 321 pelajar dan santri berjuang memperebutkan posisi juara dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Salatiga Tahun 2019. MTQ  tahun ini yang di buka oleh  Wakil Walikota, Muh Haris, bertempat di SD Muhammadiyah Plus Salatiga, Jl. Yidistira 40, Dukuh Sidomukti, Selasa (2/3).

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, ibu Ida Nurul Farida Haris, Sekda, Fakruroji, Forkopimda, Kepala Kemenang, H. Nurudin, Staf Ahli Walikota, segenap Kepala OPD, Camat, Pengurus Muhammadiyah, Kepala SD Muhammadiyah dan guru, serta tamu undangan.

Kepala Kementerian Agama Kota Salatiga, Nurudin menyampaikan, MTQ kali ini diikuti oleh pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA serta santri Pondok Pesantren se Kota Salatiga.

“Penyelenggaraan MTQ ini diharapkan mampu memberikan secerah harapan bagi penanaman kembali nilai-nilai Alquran di lapisan masyarakat. Generasi sekarang ini tidak hanya membutuhkan seremonial, tetapi lebih dari pada itu. Ayat-ayat suci yang dibacakan dengan irama merdu, hukum bacaanya fasih, dan dilombakan, dapat memberikan perubahan terhadap tata kehidupan berbangsa kita ke arah yang lebih baik,” kata Nurudin.

Ditambahkan oleh Kepala Kementerian Agama, bahwa MTQ diselenggarakan dalam rangka seleksi peserta untuk MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Adapun tujuan dalam kegiatan ini adalah sebagai wahana silaturrahmi antar santri, pelajar dan masyarakat,” paparnya.

Tampil menghibur hadirin, grup drumband MTs N Salatiga, paduan suara SMA N 1 Salatiga, dan siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga dengan menyuguhkan tari Saman, dan grup Sholawat Gambang Syafaat.

Selanjutnya Wakil Walikota dalam sambutannya mengharapkan para santri, pelajar dan masyarakat Salatiga menghiasi Al Quran dengan suara merdu kita. “Selain kita hiasi Al Quran dengan suara bagus, mari kita hiasi Al Quran dengan suara perilaku baik kita,” ajak Muh. Haris.

Muh. Haris menambahkan, agar melalui MTQ tersebut, anak-anak Kota Salatiga tumbuh menjadi pribadi yang Qur’ani dan cerdas secara intelektual dan spiritual.

“MTQ Kota Salatiga yang sudah berjalan setiap tahun ini, saya berharap melalui MTQ akan semakin banyak anak-anak Kota Salatiga yang tumbuh menjadi pribadi yang Qur’ani serta cerdas secara intelektual dan spiritual. Hal ini tentunya sesuai dengan misi Kota Salatiga yaitu Smart,” tuturnya.

“Untuk anak-anakku sekalian, saya ucapkan selamat bertanding dan selamat membumikan Al Quran . Semoga menang menjadi juara sampai ke tingkat Provinsi nantinya,“ pungkasnya.

Diakhir acara, Wakil Walikota Salatiga memukul gong sebagai tanda resmi dibukanya MTQ.(KK/Sua).