6 Siswa MAN 1 Pati Raih 3 Medali Perak Dan 3 Medali Perunggu Dalam Yogyakarta Pencak Silat Championship 2018

Pati – 6 (enam) siswa MAN 1 Pati raih kejuaraan dalam Yogyakarta Pencak Silat Championship 4 Tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sayap Rajawali sebuah komunitas Pencak Silat dari berbagai macam aliran pencak silat yang berbadan hukum, yang berkerjasama dengan Kemenpora Republik Indonesia, Koni D.I.Yogyakarta, dan Pengurus Propinsi IPSI D.I.Yogyakarta, digelar selama 2 hari, Selasa – Rabu (23-24 Oktober 2018), berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Amongrogo jalan Kapas 14 Yogyakarta.

Sedikitnya 3.200 peserta dari berbagai perguruan pencak silat se-Indonesia mengikuti kompetisi ini, dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs digelar pada Selasa (23/10), sedangkan tingkat SMA/MA digelar pada Rabu (24/10).

Setelah melalui seleksi yang ketat, 6 siswa Kontingen MAN 1 Pati berhasil meraih 3 medali perak dan 3 medali perunggu. 3 medali perak diraih oleh Sinta cahyanirum kelas X Mia 6, Aji Mas Yaid kelas XI Iis 1 dan Syahrul Fahruddin kelas XII Iis 3, sedangkan 3 medali perunggu diraih oleh Ahmad Zidna Ihwanas S kelas XII Iis 3, Choirun ni'am Alfarizi kelas XI Mia 5, dan Puspa Endah Cahyani kelas X Mia 6.

Salah satu peserta Kontingen MAN 1 Pati Syahrul Fahruddin menuturkan, setiap tingkatan digelar dalam 2 babak. Lanjut Arul, demikian sapaan akrabnya, kemudian pemenang dalam 2 babak tersebut berhak maju ke final, jelasnya.

Arul mengaku, kompetisi ini menjadikan ia dan teman-temannya mendapatkan banyak pengalaman. Dengan demikian ia juga, akan bersungguh-sungguh dalam latihan dan meningkatkannya. “Mengikuti kompetisi seperti ini, kita dapat mengukur kemampuan kita,”ujarnya.

Ia juga berharap kepada madrasah tempat ia menimba ilmu untuk memberi dukungan, agar seni bela diri yakni pencak silat ini bisa berkembang dan dapat mengukir prestasi. (Am/bd)