8 Siswa MAN Insan Cendekia Pekalongan Lolos Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi

Kota Pekalongan – Sebanyak 8 siswa MAN Insan Cendekia Pekalongan (ICP) berhasil masuk Tingkat Provinsi Jawa Tengah , untuk  mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN)  di Semarang, (8-10/5 ) mendatang. Siswa yang  lolos seleksi tingkat daerah  terlebih dulu, akan mengikuti pemusatan latihan dipandu  guru-guru pembimbing Olimpiade Sains Nasioanal  MAN Insan Cendekia Pekalongan. 

Adapun 8 siswa yang masuk ajang olimpiade sains Nasional di tingkat provinsi , Burhan Andi Nurhakim dibidang studi Geografi, Ghiffari Alfani Royyan bidang studi Ekonomi, Ilham Avicenna Iksanto dan Aflaresa Syafii Laksono bidang studi Kimia, Ahmad Fatihul Ulum dan Thoriq Ali Pasya bidang studi Fisika, Ghoyirus Sofi Kusuma bidang studi Astronomi, dan Dimas Syabani Rahman bidang studi Komputer.

Sebelumnya MAN Insan Cendekia Pekalongan mengirim 27 siswa-siswi untuk mengikuti OSN Tingkat Kota Pekalongan yang berlangsung sehari (14/3/2017) di SMA 1 Kota Pekalongan.

Demikian,  pemberian motivasi dan arahan  Kepala MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Mashuri di aula MAN Insan Cendekia Pekalongan  bahwa perjuangan belum berakhir, masih ada tahap selanjutnya yang lebih penting yaitu memenangkan ajang OSN tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Sebuah perjuangan yang sangat berat berada di pundak siswa-siswi berprestasi MAN Insan Cendekia Pekalongan. Semoga di Tahun 2017 ini, MAN Insan Cendekia Pekalongan dapat menorehkan prestasi yang gemilang di gelaran OSN Tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ujar Mashuri dihadapan segenap guru dan siswa MAN ICP, Senin, (10/4/2017).

Senada dengan Mashuri, Ketua Pembimbing OSN MAN InsanCendekia Pekalongan Ahmad Maulana, menambahkan perlunya persiapan yang lebih baik lagi dan lebih optimal, karena peserta OSN Tingkat Provinsi Jawa Tengah merupakan siswa-siswi terpilih yang mahir dibidangnya masing-masing. 

“Menjelang digelarnya OSN Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Siswa-siswi berprestasi MAN Insan Cendekia akan terus diasah dan ditempa sehingga dapat mempersembahkan medali pertama di ajang OSN tahun ini,” ungkapnya. 

Pada kesempatan tersebut, Maulana menyampaikan bahwa pada tahun 2017, siswa yang lolos tahap provinsi bertambah 3 orang dan bidang studi yang lolos juga bertambah 1 yaitu Komputer.

“Ada beberapa bidang studi yang belum berhasil lolos ke tahap berikutnya yaitu  Matematika, Kebumian dan Biologi. Hal ini menjadi perhatian besar bagi pembimbing OSN terkait peningkatan bimbingan dan materi secara internal di MAN ICP,”pungkas Maulana.(ms/rf).