Ahmad Nasirin : Nilai Kedisiplinan Puasa Harus Diaplikasikan Dalam Bekerja

Sragen – Momentum hari pertama kerja benar benar dimanfaatkan oleh Kankemenag Sragen untuk pembinaan dan halal bihalal. Setelah apel pagi diisi dengan pembinaan dan halal bihalal khusus karyawan karyawati Kankemenag Sragen, pada siang harinya dilaksanakan pembinaan dan halal bihalal dengan cakupan lebih luas yakni dengan menghadirkan Kepala Madrasah negeri, Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam dan Penghulu Se Kabupaten Sragen di Aula setempat, Kamis (21/06).

Kegiatan yang diikuti sekitar 150 peserta tersebut Kakankemenag Sragen, Ahmad Nasirin mengingatkan kepada semua ASN di lingkungan Kankemenag Sragen untuk bisa mengejawantahkan nilai nilai puasa dalam bekerja.

“Kegiatan halal bihalal seperti ini sangat tepat untuk wadah pembinaan, karena setelah kita melakukan puasa sebulan penuh tentu harus ada hikmah dan kemajuan yang kita raih agar puasa kita berhasil,” kata Nasirin.

“Diantara hikmah dan nilai-nilai puasa yang hendaknya kita kerjakan terus adalah nilai kedisiplinan. Saat puasa kita disiplin kapan waktu tidak makan/minum dan kapan berbuka, tentu ini bisa diaplikasikan ketika bekerja, disiplin dalam bekerja itu salah satu bukti juga keberhasilan puasa kita,” jelas Kakankemenag.

Setelah pengarahan dan pembinaan dari Kakankemenag Sragen, acara dilanjutkan dengan ceramah dengan menghadirkan KH. Dr. Agus Budiharto, M.Ag yang  menguraikan tentang hikmah halal bihalal.

KH. Agus Budiarto menjelaskan Bulan Syawal ini adalah bulan dimana tiap orang secara elegan mengungkapkan permohonan maaf, tidak membedakan kaya miskin, jabatan tinggi atau bawah dan yang lain. Seorang atasan tidak merasa rendah ketika harus mengucapkan permohonan maaf kepada bawahannya”. “Contohnya Kakankemenag atau Kasi tidak pekewuh untuk minta maaf bahkan kepada satpam atau penjaga malam,”candanya.

Kegiatan pembinaan dan halal bihalal diakhiri dengan pengucapan ikrar halal bihalal dan salam salaman semua peserta. Diharapkan setelah kegiatan ini semua ASN  bisa semakin meningkatkan kinerjanya sesuai hikmah puasa sebagaimana disampaikan oleh Kakankemenag dan penceramah. (ira1/Wul)