Ahmad Nasirin : Pelatihan-Pelatihan Untuk Guru Hendaknya Sering Diadakan

Sragen – Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Kabupaten Sragen mengadakan In House Training Implementasi Kurikulum 2013 di gedung PKPRI Sragen, (4 – 7 Juli) 2018. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini diikuti oleh 230 guru MI  baik negeri maupun swasta. Menurut ketua panitia kegiatan Ahmad Mudhofar Hasan, tujuan diadakan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi guru terutama dalam memahami kurikulum 2013.

“Mengingat tahun pelajaran 2018/2019 ini semua Madrasah Ibtidaiyah sudah mulai menerapkan kurikulum 2013 secara menyeluruh, maka pelatihan ini tentu sangat dibutuhkan., terutama bagi madrasah maupun guru yang yang menerapkannya tahun pelajaran baru nanti,” kata Mudhofar.

Pelatihan dibuka   Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, Ahmad Nasirin. Kepala Kankemenag Sragen berpesan agar guru aktif mengikuti perkembangan pendidikan dan aktif mengikuti pelatihan.

“Saya berharap agar semua guru di Sragen untuk aktif dan kretaif demi kemajuan pendidikan, selain itu saya berharap agar pelatihan-pelatihan semacam ini banyak dilakukan oleh KKM maupun KKG, jangan mengandalkan kegiatan yang diadakan pemerintah, karena pasti akan sangat kurang. Silahkan seksama mengikuti pelatihan ini, selanjutnya hasil pelatihan ini agar diterapkan dalam pembelajaran sebaik-baiknya,” pesan Kakankemenag.

Pelatihan berjalan dengan lancar dan semua peserta sportif mengikutinya selama empat hari dengan narasumber para fasilitator dari USAID Jawa Tengah. Materi yang disampaikan dalam kegiatan IHT terdiri 11 Unit materi yaitu 1) Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013, 2) Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas, 3) Penerapan Literasi dalam Pembelajaran Jenjang SD, 4) Penilaian Autentik, 5) Inspirasi Tayangan Video Pembelajaran, 6) Analisis SKL, KI, KD, Indikator, Silabus, dan Pembelajaran Tematik Terpadu, 7) Perancangan Pembelajaran (PROTA, PROSEM, dan Pemetaan KD), 8) Penyusunan RPP, 9) Penyusunan Soal HOTS, 10) Praktik Pembelajaran, 11) Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, dan Pelaporan Hasil Belajar. (mud-ira/Wul).