Akhiri Kegiatan Kultum Ramadhan (Kurma) Oleh Penyuluh Agama Islam Di Masjid At Takwa Kandeman Dengan Doa Bersama

Batang –  Kegiatan kultum Ramadhan (Kurma) yang diselenggarakan oleh Penyuluh agama Islam selama bulan Ramadhan ini di masjid At Taqwa Kecamatan Kandeman telah memasuki hari akhir pada kamis  ( 6/05 ), hadir pada kegiatan terakhir itu kepala KUA,  penyuluh Agama Islam, takmir masjid At taqwa. Serta jamaah sholat duhur. Acara di awali dengan kutum  ramadhan dan dilanjutkan doa bersama .

Secara terpisah Kepala KUA Kecamatan Kandeman Filusufi dalam keterangannya menyampaikan apresiasi dan dukungan yang tinggi atas semua program kegiatan yang digagas oleh para penyuluh, menurutnya penyuluh memang harus melakukan penitrasi langsung pada masyarakat dan kegiatan Kurma itu salah satunya.

“ Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan yag digagas dan dilaksanakan oleh para penyuluh, karena bagaimanapun juga penyuluh adalah corong terdepan dari Kementerian Agama, dimana semua kegiatannya harus langsung berhadapan dengan masyarakat untuk menyampaikan materi kepenyuluhannya juga menyampaikan informasi dan kebijakan dari Kementerian Agama kepada masyarakat,” tegas Filusufi.

Semnetara itu Koordinator Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kandeman Zumrotun Khasanah dalam keterangannya menyampaikan rasa gembira dan bahagia bersama penyuluh yang bisa berkontribusi dalam syiar ramadhan di masjid At taqwa kandeman, dia berharap kedepan bisa memprogamkan ke tempat yang lain.

“ Saya sampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi pada teman-teman Penyuluh yang telah kompak dan saling membantu sehingga program kegiatan Kurma itu dapat berjalan sesuai rencana, semoga apa yang kita perbuat itu akan menjadi ladang amal yang diterima oleh Allah SWT,” kata Zumrotun Khasanah .

Penyuluh Agama Islam Kec. Kandeman M.Masykuri yang mendapat tugas sebagai pembicara dalam acara itu menyampaikan  bahwa beberapa hari lagi kita akan  memperoleh hasil dari puasa kita selama satu bulan penuh. Dalam menyambut datangnya hari raya Idul Fitri, ternyata ada hal yang harus kita perhatikan seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menuntun kita dalam merayakan Idul Fitri,

“ Bertakbir Ketika malam hari raya hingga menjelang solat idul fitri. Hal ini sesuai dengan quran surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya : “Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan puasa serta bertakbir (membesarkan) nama Allah atas petunjuk yang telah diberikan-Nya kepadamu, semoga dengan demikian kamu menjadi umat yang bersyukur. Segera membayar zakat  hukumnya wajib dilaksanakan, kegunaan zakat diperuntukanya untuk kemaslahatan umat. Selanjutnya membersihkan diri dan menggunakan wewangian saat hendak kemasjid melaksanakan solat idul fitri, “ jelas M.Masykuri

Dia menambahkan yang tak kalah pentingnya adalah bersilaturahmi  adalah suatu  keharusan bagi umat Islam. Karena kehidupan manusia tidak lepas dari salah dalam melakukan rutinitasnya sehari-hari. Maka yang terpenting saling memaafkan adalah jalan yang terbaik untuk memperoleh kemuliaan yang sebenarnya.

Diakhir acara digelar doa bersama yang di pimpin oleh imam masjid At Taqwa Tafsir, selesai memimpin doa dia menyampaikan terimakasih atas di selenggarakannya kegiatan kurma di masjid At Taqwa, sebagai upaya ikut serta dalam memakmurkan masjid.

“ Kami merasa senang dan menyampaikan terimakasih pada Penyuluh Agama Islam yang mau melakukan kegiatannya di masjid ini, ini merupakan bentuk kerja nyata para penyuluh untuk ikut memakmurkan masjid,” kata Tafsir.

Dia berharap apa yang di sampaikan selama kegiatan di sini dapat bermanfaat bagi  para jamaah khususnya dan bagi masyarakat Kandeman pada umumnya, hal ini sejalan dengan harapan seluruh penyuluh Agama Islam, meskipun sedikit yang disampaikan harapannya bisa bermanfaat ( Fakhozi / Zy )