Akhirussanah MIN 3 Purbalingga Digelar, Orang Tua Berikan Hibah

Kepala MI Negeri 3 Purbalingga Akbar Yuli Setianto memberikan sambutan pengarahan pada acara Perpisahan Siswa Kelas VI.

Purbalingga – Dalam rangka mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar Tahun Pelajaran 2020/2021, MI Negeri 3 Purbalingga menggelar acara Perpisahan Peserta Didik kelas VI dengan tema Semoga Menjadi Generasi Berpengetahuan dan Berakhlakul Karimah di aula madrasah setempat, Senin (21/6/2021).

Sesuai dengan tema pada kegiatan akhirussanah tersebut, Kepala MIN 3 Purbalingga Akbar Yuli Setianto dalam sambutannya memberikan beberapa pesan.

Di antaranya, setelah lulus dari MIN 3 Purbalingga para siswa harus selalu ingat jati dirinya sebagai hamba Allah dengan tidak meninggalkan salat, meningkatkan ibadah, taat dan patuh pada kedua orang tua serta tidak berbuat durhaka. Selain itu ia meminta para calon alumni tersebut untuk rajin belajar, dan berusaha dengan sungguh-sungguh agar mampu meraih prestasi.

“Jaga nama baik almamater dengan cara membawa nama MIN 3 Purbalingga di sekolah selanjutnya. Tunjukkan kalian lulusan madrasah yang berakhlak mulia,” pesannya.

Akbar menjelaskan, kegiatan tersebut hanya dihadiri 5 orang tamu undangan, 9 orang perwakilan orang tua/wali murid dan 9 siswa-siswi kelas VI MIN 3 Purbalingga. Menurutnya, mengingat masih berada di masa pandemi pihaknya hanya mengundang Pengawas Pendidikan Madrasah kecamatan Bukateja, Ketua Komite, Kepala MTsN 3 Purbalingga, Kepala RA Diponegoro 1 Wirasaba, 9 orang perwakilan wali murid dengan domisili terdekat dan 9 peserta didik kelas VI yang menempati ranking 1, 2, dan 3 di tiap kelasnya.

“Penyelenggaraan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kata-kata perpisahannya ia melepas dan mengembalikan 65 peserta didik kelas VI kepada para orang tua mereka. Selain itu ia mengapresiasi kerja sama yang telah dibangun dengan baik selama 6 tahun proses pembelajaran. Juga atas kepercayaan para orang tua menitipkan pendidikan anak-anak di madrasah yang dipimpinnya..

“Melalui kegiatan pelepasan ini kami mengembalikan pengelolaan pendidikan mereka kepada  para orang tua ,” ungkapnya.

Menurutnya, melalui pengumuman kelulusan resmi yang dilakukan secara online pada 15 Juni 2021, seluruh siswa kelas VI sejumlah 65 anak dinyatakan lulus. Dan sebagai motivasi, pihaknya memberikan penghargaan kepada siswa kelas VI yang berprestasi.

“Madrasah memberikan penghargaan kepada peraih peringkat 1, 2, dan 3 pada tiap kelasnya. Penilaian siswa berprestasi diambil dari nilai murni Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK),” tambahnya.

Berikan Hibah

Perwakilan orang tua/wali siswa kelas VI Wasis Sudiantoro yang juga Pengawas SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga memberikan hibah dana pendidikan dari Paguyuban Wali Siswa Kelas VI kepada MI Negeri 3 Purbalingga.

“Paguyuban wali murid kelas VI memberikan shodaqoh jariyah sebesar Rp 3.250.000,00 untuk membantu pembangunan 3 Ruang Kelas Baru (RKB) di lantai 2 yang sampai saat ini masih dalam proses,” jelasnya.

Perwakilan Paguyuban Orang Tua/Wali Murid Wasis Sudiantoro menyerahkan hibah dana pendidikan kepada Kepala MIN 3 Purbalingga Akbar Yuli Setianto

Selain hibah dana pendidikan, ia juga memberikan cindera mata berupa sebuah buku berjudul Menjadi Guru Ideal hasil karyanya sendiri.

“Buku ini merupakan ulasan, pengalaman, dan penjabaran singkat tentang guru dan kompetensinya yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadikan seorang guru yang kreatif, inovatif, berprestasi serta menjadikan guru ideal dalam dunia pendidikan,” ungkapnya.

Ia juga berharap dengan pemberian cindera mata tersebut dapat menjadikan guru-guru MIN 3 Purbalingga terinspirasi untuk menulis buku dalam upaya melestarikan budaya literasi.

“ Ada beberapa guru MIN 3 Purbalingga yang sudah menulis buku, ada juga yang menulis buku puisi. Semoga guru-guru yang lain dapat terinspirasi untuk menulis buku, “ harapnya. (emi/sar/bd)

Perwakilan Paguyuban Orang Tua/Wali Murid Wasis Sudiantoro yang juga Pengawas Dinidikbud Kabupaten Purbalingga menyerahkan buku karyanya berjudul Menjadi Guru Ideal kepada Kepala MIN 3 Purbalingga Akbar Yuli Setianto.