AKMI, Ukur Kompetensi Peserta Didik Madrasah

Klaten-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Penmad Kemenag Klaten mengadakan sosialisasi AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) kepada 43 MI yang ditetapkan untuk melaksanakan AKMI yang bertempat di MIM Puluhan Trucuk Klaten, Rabu, (13/10).

Dalam pembukaannya Kasi Penmad Kemenag Bakri mengatakan, AKMI adalah evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.

“Fungsi AKMI diataranya mendiognosis kompetensi peserta didik dan tindak lanjut perbaikan pembelajaran, sebagai bahan pemetaan mutu pendidikan madrasah dan bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah,” jelas Bakri.

Berbeda dengan ANBK, kalau peserta ANBK hanya diambil 30  murid kelas 5 peserta utama dan 5 peserta cadangan, namun kalau peserta  AKMI adalah seluruh murid kelas 5.

Selanjutnya, AKMI untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, literasi sosial budaya. “Peserta AKMI seluruh siswa kelas 5, namun tidak semua MI bisa ikut AKMI. Untuk tahun 2021 ini hanya 50% MI se Indonesia, yang belum ditetapkan tahun 2021, akan melaksanakan AKMI tahun 2022,” ungkap Bakri.

Sedangkan kategori pencapaian kompetensi terdiri dari 5 level  yaitu, perlu intervensi khusus, dasar, cakap, terampil, dan perlu ruang kreasi. “Bersama-sama untuk bertekad mewujudkan madrasah yang mandiri berprestasi melalui upaya-upaya konstruktif, seperti AKMI ini,” imbuh Bakri.

Ada 43 MI Klaten yang ditetapkan untuk menyelenggarakan AKMI 2021, yaitu MIN 1 Klaten,  MIN 3 Klaten, MIS R. Tegalarum, MIM Blanceran, MIM Pondok, MII Ngawinan, MIM Doyo, MIM Mlese, MIM Sentono, MIM Jombor, MIM Meger, MIM Cetan, MIM Jambu Kidul, MIM Srebegan, MIM Gading 1, MIM Gading 2, MIM Karanganom 8, MIM Tempursari, MIM Kahuman, MIA Drono, MIM Candirejo, MIM Pepe, MIM Jimbung, MIM Jogosetran, MIM Tambongwetan, MII Mutihan, MIM Kranggan Manisrenggo, MIM Taskombang, MIM Sukorini, MIM Puluhan,MIM Kradenan, MIM Sajen, MIA Karangpakel, MIM Sabranglor, MIM Gaden 1, MIM Gaden 2, MIM Mayungan, MITQ Al Manar, MI Hidayatul Qur’an, MITQ Ali Bin Abi Tholib, MIM Darussalam, MI Tahfidzul Qur’an, MI Al Madina.(so_aj/Sua)