Akomodatif Terhadap Budaya Lokal dalam Upacara Keagaaman Hindu, guna Mewujudkan Moderasi Beragama

Boyolali (Bimas Hindu), Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menghadiri acara Sarasehan Pinandita yang dilaksanakan oleh Kelompok Desa Binaan Kabupaten Boyolali di Gedung Sekretariat PHDI Kabupaten Boyolali (27/10).

Kegiatan ini mengambil tema “Akomodatif Terhadap Budaya Lokal dalam Upacara Keagaaman Hindu, guna Mewujudkan Moderasi Beragama”.

I Wayan Sudha selaku Ketua PHDI Kabupaten Boyolali menyampaikan Apresiasi kepada Panitia dengan adanya Pembinaan ini, meskipun belum semua Pinandita di Kabupaten Boyolali dapat terakomodir dalam kegiatan ini.

“Sesuai dengan Tema yang diangkat, kita harus tetap menjaga kearifan budaya lokal serta menjunjung tinggi moderasi beragama, ibarat pepatah dimana Bumi di pijak di situ Langit dijunjung. Dalam Kehidupan sehari-hari Pinandita harus memberikan pelayanan yang baik” Kata I Dewa Made Artayasa.

“Tahun 2022 merupakan Tahun Toleransi, sehingga di harapkan kepada Pinandita dan Tokoh Agama selaku Pembina umat untuk memberikan Pemahaman, Pembinaan dalam meningkatkan Toleransi Beragama baik secara Intern maupun Antar Umat Beragama” Tegas I Dewa Made Artayasa.

Dengan Kegiatan ini diharapkan, Pinandita mampu memberikan kesejukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kerukunan umat beragama dapat tercipta untuk Hindu Majeng di Jawa Tengah. (Tt)