Bekali Remaja untuk Atasi Masalah dan Fokus Masa Depan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung (Humas) – Penyuluh Agama Islam KUA Temanggung memasuki semester kedua tahun 2024 ini melaksanakan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) di beberapa sekolah di lingkup wilayah kerjanya. Pada tanggal 30 Agustus 2024 dan hari ini, Senin (2/9/2024) dilangsungkan di SMK 2 Temanggung.

Disampaikan Kepala KUA Kecamatan Temanggung, Sholakhudin Al  Ayubi, BRUS ini merupakan bagian dari layanan KUA dan Kemenag dalam rangka bimbingan masyarakat. Sebelumnya pada awal tahun ajaran baru 2024 BRUS dilaksanakan sehari di SMA 2 Temanggung yang diikuti oleh siswa baru kelas 9.

Dijelaskan oleh Penyuluh Agama Islam Bidang Keluarga Sakinah Ana Sri Ujiati, materi BRUS tepat bagi remaja untuk mengenali diri sendiri, menyusun harapan masa depan serta bisa mengelola emosi.

‘’Harapannya setelah mengikuti BRUS, remaja bisa mengatasi problem-problem khas yang melingkupi remaja dan fokus pada masa depannya,’’  ungkapnya.

Bimbingan Remaja Usia Sekolah ini memakai pendekatan andragogi dimana peserta tidak hanya mendengarkan ceramah, tapi lebih banyak untuk berdiskusi dan merefleksikan kondisi remaja. Remaja diajak berpikir dan berbicara tentang dirinya sendiri dan remaja tidak merasa digurui. 

Salah satu peserta, Deviana menyatakan senang mengikuti BRUS dan menjadi lebih tahu bagaimana harus mengarahkan masa depannya. ‘

’Saya tahu cita-cita tidak mudah untuk diwujudkan, tapi saya akan berusaha meraihnya,’’ pungkasnya. (y/rk)

Skip to content