Belajar Menjernihkan Air Keruh

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,– Teknik penjernihan air dan penyaringan air menjadi salah satu materi yang terdapat dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU) pramuka penggalang . Syarat yang harus dikuasai oleh pramuka untuk mencapai penggalang ramu, penggalang rakit, maupun penggalang terap ini meliputi mampu menjelaskan macam jenis penjernihan air, berbagai teknik penjernihan air, dapat melakukan proses penjernihan air secara sederhana, serta mampu mensosialisasikan macam dan cara melakukan penjernihan air.

Pada latihan rutin dewan penggalang kali ini diadakan kegiatan uji SKU untuk penjernihan air sederhana. Bahan-bahan yang mereka siapkan diantara ialah : Pasir, Kerikil, arang, sabut kelapa, kapas/spons, tisu, botol bekas air minum dan air keruh. Alat dan bahan tersebut mereka persiapkan sendiri dari rumah.

Keingintahuan dan antusiasme mereka dalam mempelajari dan mempraktekkan sangat tinggi. Karena ini merupakan hal baru dalam hidup mereka. Adik M. Syafaat mengungkapkan bahwa “ini adalah pengalaman baru dalam hidupnya, sangat mengasyikkan dan juga menambah pengetahuan. Karena ternyata air yang keruh bisa dijernihkan dengan cara yang sangat sederhana. “tuturnya 14/11/’22. (M.Fath/MTb/bd)