Hari Ketiga, Calon Haji Masih Antusias Ikuti Manasik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KUA Kaliori – Memasuki hari ke 3, sebanyak 81 calon jama’ah haji dari kecamatan Kaliori dan Sumber masih antusias mengikuti manasik haji di Pendopo Kecamatan Kaliori, Jum’at 19/5/2023.

KH Mustain sebagai narasumber menyampaikan tema syarat rukun dan sahnya haji. Ia menyampaikan pentingnya niat haji yang benar semata-mata ibadah dan menjalankan perintah Allah. “Ibadah haji adalah satu-satunya ibadah fardhu yang berpotensi di salah niatkan, yaitu untuk kebanggaan dan atau sekedar ingin meraih predikat haji. Maka manasik haji itu sangat penting,” jelas Rois Syuriah MWCNU Kaliori.

Di tambahkan, calon haji harus tau perbedaan wajib dan rukunnya haji. Konsekuensinya kalo meninggalkan wajib dengan membayar dam. Berbeda dengan rukun, maka harus di tunaikan dengan sempurna. “Maka hendaklah nanti para jama’ah mentaati arahan dari para pembimbing di sana,” pungkasnya

Sebelum manasik berakhir diadakan sesi tanya jawab. Ada 7 pertanyaan dari peserta bisa jawab KH Mustain dengan jelas. Seusai acara, saat di minta tanggapannya, Ahmad Riyanto (49 tahun) calon jamaah haji dari desa Pengkol mengapresiasi manasik haji oleh Kemenag Rembang.
“Saya juga para calon jama’ah haji sangat berterimakasih kepada Kemenag Rembang atas terselenggaranya manasik selama 6 hari nanti,” ucap pria Sekretaris MWCNU Kaliori.

Ia juga mengaku telah mendapat ilmu yang sangat penting. “ini penting sekali bagi saya, juga para jama’ah yang baru kali pertama akan menunaikan ibadah haji. Mohon doannya semoga kami bisa menunaikan ibadah haji dengan baik, pulang membawa haji yang mabrur & mabruroh,” pungkasnya.

Kontributor : Suyatman Hakim

Editor : Shofatus Shodiqoh/rf