KKG Pendidikan Agama Islam Gelar Wisuda Tahfidz Jus 30 Bagi Siswa SD

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Untuk membumikan Al qur’an dikalangan siswa sekolah dasar di Kecamatan Warungasem juga sebagai implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlakul Karimah, KKG PAI menggelar wisuda tahfidz juz 30 angkatan 1 bagi siswa SD Negeri se kecamatan Warungasem pada Rabu (21/06) bertempat di Aula Korwil Biddik Kec. Warungasem. Hadir dalam kegiatan itu Korwil Biddik Kec. Warungasem, pengawas SD, Pengawas PAI, para Kepala SD, Guru PAI, beserta orang tua siswa.

Ketua Panitia Dafid Yanuaril Huda dalam keterangannya menjelaskan bahwa acara ini sebenarnya sudah digagas oleh KKG PAI begitu lama, namun baru kali ini dapat terlaksana untuk pertama kali.

“ Rencana kegiatan tahfidz juz 30 bagi siswa SD ini sebenarnya telah digagas sejak lama namun baru kali ini terwujud di kali pertama, meskipun baru 7 siswa kita berharap kedepannya dapat bertambah baik secara kwantitas maupun kwalitas,” katanya.

Dia juga menegaskan acara ini dapat digelar atas sinergitas,komunikasi dan kolaborasi yang baik antara GPAI, Kepala Sekolah, Guru Kelas serta Pengawas PAI secara dinamis.

“ Kami menyampaikan terimakasih pada semua fihak yang telah bersinergi secara dinamis kususnya Bapak Ibu Kepala SD, Pengawas PAI, maupun seluruh GPAI sekecamatan Warungasem sehingga acara perdana ini dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Dafid juga menceritakan kegiatan wisuda diawali dengan demonstrasi sidang tahsis yang dilaksanakan oleh Ust. Mustajab Al Hafidz pengasuh Madrasah Huffadz Miftahul Qur’an,

Sementara itu pengawas PAI Kec. Warungasem H. Idham Khalid dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan yang luar biasa. Menurutnya bertahun-tahun dia menggagas tapi selalu ada saja hambatannya.

“ Alhamdulilah gagasan saya yang sangat lama belum terwujud kini KKG PAI dibawah kepemimpinan Pak Dafid dapat melaksanakan kegiatan ini,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan sepengetahuannya, satu-satunya SD Negeri di Kabupaten Batang yang sudah berhasil melaksanakan kegiatan ini adalah Kecamatan Warungasem.

“ Sepertinya baru kali ini kegiatan wisuda tahfid jus 30 bagi siswa-siswa di SD yang langsung di handle KKG PAI se kabupaten Batang, tapi di Pondok Pesantren atau MI mungkin telah ada, maka saya sangat mengapresiasi sekali ide semacam ini,” jelasnya.

Dihubungi secara terpisah Plt.Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Kab. Batang H. Munif mengapresiasi setinggi tingginya atas inovasi dan kreatifitas KKG PAI kec. Warungasem untuk membangun generasi qur’ani, dengan kegiatan wisuda tahfid, meski juz 30, bagi siswa SD ini sudah luar biasa.

“ Itu kegiatan yang sangat membanggakan dan secara pribadi maupun mewakili Kakankemenag kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inisiasi dan pelaksanakan kegiatan itu pada KKG PAI Kecamatan Warungasem,” kata H. Munif.

Dia juga menegaskan kegiatan ini juga bersinergi dengan kementerian agama kab. Batang yang sedang melaksanakan program untuk membumikan Alquran pada warga kabupaten batang khususnya juga untuk bangsa yg besar ini.

“Kiat untuk menanamkan nilai-nilai Al Qur’an sejak dini, termasuk didalamnya pemahaman terhadap Al Qur’an ataupun keyakinan agama sejak dini diharapkan dapat membentengi segala bentuk radikalisme dan intoleransi, sehingga bisa menciptakan manusia moderat yg Rahmatan lil alamin dengan pemahaman global dalam konteks negara yang berbhinneka tunggal ika,” tegasnya. (dafid/Zy_humas/rf)