Monitoring Akreditasi di MIN 4 Kebumen, Ini Pesan Kakankemenag

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen.- Berikan semangat tim Akreditasi Madrasah di lingkungannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Sukarno monitoring pelaksanaan Akreditasi di MIN 4 Kebumen, Senin (03/08/2023).

“Kami ingin seluruh madrasah di Kabupaten Kebumen mendapatkan nilai akreditasi unggul, untuk itu penting bagi kami memastikan seluruh proses Akreditasi di sini berjalan dengan lancar” demikian disampaikan Kakankemenag di sela – sela kegiatan monitoringnya kepada humas setempat.

Dijelaskan, akreditasi sekolah/madrasah adalah kegiatan penilaian program yang sudah biasa dilaksanakan dan   merupakan amanat Undang –Undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2003. Akan tetapi menurutnya, akreditasi bukan hanya persoalan mengumpulkan dokumen persyaratan administratif, melainkan bagaimana madrasah bisa menerapkannya sehingga mendapat kepercayaan masyarakat.

“Masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui status madrasah kita ungul atau tidak, akreditasi madrasah adalah hak publik/masyarakat,” katanya.

Maka menurutnya, sebagai lembaga pendidikan yang lahir dari masyarakat dan untuk masyarakat, madrasah harus bisa memamerkan prestasi dan keunggulan yang dimilikinya kepada masyarakat agar dipercarya. Selain itu madrasah juga harus bisa menjaga sinergitas yang baik dengan masyarakat, komite dan seluruh stakeholder terkait dalam menjalankan programnya.

“Kalau dulu poin penilaian ada delapan standar sekarang berubah menjadi empat komponen. Empat komponen itu adalah Mutu Lulusan, Mutu Guru, Proses Pembelajaran, dan Manajemen Sekolah/Madrasah,” jelas Sukarno.

Dalam kesempatan tersebut sukarno juga sempat bertemu dengan para Assesor H. Slamet Witoro dan H. Hafid Aminudin dari Kabupaten Wonosobo. Kepada keduanya ia berpesan agar bisa memberikan penilaian secara objektif. Sebagai bahan evaluasi agar madrasah tahu kekurangan dan kelebihannya.

Sementara Khamdan Asfahaani, Kepala MIN 4 Kebumen ketika ditanya kesiapannya menghadapi akreditasi mengatakan sudah sangat siap dan yakin bisa mendapatkan nilai terbaik. Ia sangat yakin karena seluruh administrasi sudah hamper terpenuhi semuanya.

“Insyaallah kami sudah sangat siap dan mudah – mudahan semuanya berjalan sesuai dengan harapan,” ungkapnya.(Muhamim/fz/bd).