Pertemuan KKG PAI Kec. Gayamsari

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Selasa (11/6/2024), KKG PAI Kec. Gayamsari menggelar pertemuan di SDN Sambirejo 01. Kegiatan ini dihadiri Pengawas PAI, Ketua KKG Kota Semarang, dan seluruh GPAI dan Budi Pekerti se-wilayah Gayamsari.

Acara dibuka dengan pembacaan surah Ad-Duha yang dilantunkan oleh siswa SDN Sambirejo 01, dilanjutkan dengan sambutan Ketua KKG Kec. Gayamsari, Abdullah Riyadi. Dalam sambutannya ia mengimbau, program kerja yang telah disusun untuk dapat dilaksanakan dengan baik. “Beberapa program kegiatan yang akan dijalankan dalam waktu dekat adalah, Lomba MAPSI dan Lomba Guru Berprestasi (Gupres) PAI tahun 2024, serta pelepasan GPAI yang telah memasuki masa purna tugas pada Oktober mendatang,” tuturnya.

“Lomba MAPSI akan dilaksanakan di bulan Agustus, oleh karenanya kepada GPAI yang didapuk menjadi Juri supaya melaksanakan tugas dengan profesional. Sedangkan untuk maju Gupres, kita kirim Pak Ali Anwar, Pak Giyanto, Pak Lubab, Pak Jatyo, dan Ibu Vina untuk mewakili Kecamatan Gayamsari,” imbuhnya.

Menambahkan apa yang disampaikan Abdullah Riyadi, H.M Faojin selaku Pengawas PAI Kemenag Kota Semarang menandaskan, pentingnya kejujuran dalam pelaksanaan Lomba MAPSI. “Jangan membuat kecurangan apa pun sehingga siapa yang menjadi juara itu benar-benar yang berkualitas dan pada akhirnya Gayamsari berani bersaing dengan kecamatan lainNnya,” pesannya.

Selanjutnya, ia mengimbau, sekolah yang ada di Kec. Gayamsari melaksanakan latihan penyembelihan hewan kurban. “Supaya anak-anak mengerti makna kurban serta mempunyai jiwa pemberi, kami berharap sekolah mengadakan kegiatan penyembelihan hewan kurban yang bekerjasama dengan Komite Sekolah atau stakeholder lainnya,” tuturnya.

Terkait pelaksanaan Ujian Sekolah, H.M. Faojin berpendapat, siswa SD seharusnya sudah hafal surah As-Syam hingga An-Nas dan bisa membaca Alquran dengan baik. Selain itu juga tuntas dan faham dalam hal berwudhu dan tayamum sesuai syariat, serta menjalankan salat dengan baik dan benar.

Kegiatan diakhiri dengan Rakor pembahasan Juknis Lomba Gupres PAI Tk. Kemenag Kota Semarang Tahun 2024. “Lomba sudah tidak menggunakan portofolio seperti penyelenggaraan Gupres PAI sebelumnya, melainkan menggunakan uji kompetensi dan presentasi Best Practice. Pendaftaran dibuka mulai 12 – 30 Juni 2024 lewat link yang sudah disediakan Panitia. Adapun materi uji kompetensi yaitu,regulasi Kumer, administrasi Kumer, P5, PMM, dan moderasi beragama. Jumlah soal Uji kompetensi ada 50 dengan durasi waktu 90 menit. Dari uji kompetensi tersebut akan diambil 5 besar dan mengikuti tahap selanjunya yaitu Presentasi Best Practice di Kantor Kementrian Agama, dan akhirnya akan diambil Juara 1,2 dan 3,” terang Abdullah Fakih, salah satu GPAI setempat.(Faojin/Nba)