Membangun Semangat Kebangsaan Untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kota Magelang. Semangat Kebangsaan selama ini mengalami penurunan, ini berakibat tidak baik, media komunikasi sosial mempengaruhi cinta tanah air dan bangsa. Untuk itu ditengah pendemi covid-19 yang masih belum berakhir pelaksanaan upacara bendera secara virtual dalam menbangun semangat kebangsaan dilaksanakan serentak di tanak air tercinta yang terpusat di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu juga dilaksankan serentak oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah di kementerian lembaga untuk menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara serentak pada pukul 10.00 WIB. Ini adalah bentuk semangat untuk kedaulatan dan cinta tanah air. Demikian disampaikan Sofia Nur saat mengikuti upacara kebangkitan nasional dan menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya di Kantor Kementerian Agama Kota Magelang. (20/5).
“Upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan secara serentak untuk menggugah semangat kebangsaan dan cinta tanah air” Kata Sofia
Lebih lanjut disampaikan kepala kantor kementerian agama mengutip sambutan menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional “Seratus  tiga  belas  tahun  lalu,  perhimpunan   Boedi  Oetomo  meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia. Tiga hal panting yang diretas  Boedi  Oetomo  adalah  pertama,  cita-cita  untuk memerdekakan  cita-cita kemanusiaan;  kedua,  memajukan  nusa dan bangsa;  serta  ketiga,  mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Tiga hal di atas merupakan  substansi makna  kebangkitan nasional  yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi. Senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya. Pada  era  prakemerdekaan,   kebangkitan nasional   mampu  menjadi  ruh gerakan perlawanan terhadap hegemoni penjajah. Pasca kemerdekaan kebangkitan nasional menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa. Di era reformasi  membawa Indonesia  menuju pengelolaan negara  yang lebih  terbuka dan demokratis.”  Untuk itu dengan lagu kebangsaan yang dikumandangkan bersama pemerintah melalui kementerian lembaga memupuk semangat untuk kemajuan bangsa. Tegas Sofia

Pelaksanaan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota MAgelang, Jl. Urip Sumoharjo Nomor 106 Kelurahan Wates Kota Magelang diikuti oleh seluruh pegawai kementerian agama. 

Peringatan  Hari  Kebangkitan  Nasional (Harkitnas)  yang ke-113  pada tanggal  20 Mei 2021,  dengan  tema  peringatan  Harkitnas tahun  ini adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”. Terna ini mengingatkan bahwa semangat Kebangkitan Nasional mengajari kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan. Bersama-sama    kita   hadapi   semua    tantangan    dan   persoalan   sebagai    penerus ketangguhan bangsa ini.
Kedepannya dengan semangat yang menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan bangsa lagu kebangsanaan Indonesia raya mempersatukan jiwa-jiwa generasi bangsa untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Wahono).