PKKM 4 Tahunan, Untuk Wujudkan Madrasah Yang Unggul

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto: Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan penilaian bagi Kepala Madrasah yang telah  lebih dari 4 (empat) tahun masa tugasnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Tim penilai dari kanwil Kemenag Provinsi Jawa tengah dan Kemenag Kabupaten Banyumas di MTs N 1 Banyumas. Selasa (23/05)

PKKM 4 tahunan dilaksanakan selama dua hari, tanggal 22 – 23  Mei 2023 dengan Tim penilai yang terdiri dari Ahmad Faridi  Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov.Jawa Tengah, Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Banyumas Edi Sungkowo, Pengawas Madrasah Siti Nur Irhami dan Charis Munandar, Komite Madrasah Mahruri dan Daryono, Tenaga Pendidikan Surti Isnaeni dan Rakhmi Fitri W, serta dari Unsur Guru.

Dalam sambutannya Kasi Pendma Edi Sungkowo mewakili Kepala kantor kemenag Banyumas Ibnu Asaddudin menyampaikan bahwa pelaksanaan PKKM ini merupakan kegiatan rutin empat tahunan.

“ Pemerintah memberikan penilaian  Kinerja Kepala Madrasah terkait dengan bidang pengelolaan madrasah serta proses pengembangan kualitas pendidikan yang meliputi Usaha pengembangan madrasah,  Pelaksanaan tugas managerial, Pengembangan kewirausahaan,  Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dan  Hasil Kinerja Kepala Madrasah.” Jelasnya.

Lebih lanjut Edi Sungkowo menjelaskan pelaksanaan PKKM empat tahunan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2018 , Peraturan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2022, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1111 Tahun 2019, Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor 2018 Tahun 2020 ,

Sudir selaku Kepala Madrasah berharap dengan adanya PKKM ini akan berimbas kepada peningkatan mutu pelayanan dan kualitas pendidikan di MTs Negeri 1 Banyumas

” Semoga dengan adanya PKKM ini banyak barokah yang akan kita peroleh, terutama untuk pengembangan MTsN 1 Banyumas kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi sesuai tagline kami yaitu Istimewa.” ujar Sudir.

Sementara itu Ahmad Faridi, mengatakan bahwa PKKM ini merupakan penilaian kepala madrasah bukan penilaian kepada lembaganya, namun demikian kesuksesan kepala Madrasah juga tidak akan tercapai sendirian harus ada kerjasama yang baik dari seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Negeri 1 Banyumas, ungkapnya. (yud/rf)