Rangkaian Manasik Usai, Jemaah Haji Dilepas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, melepas 647 Jamaah Calon Haji (CHJ) usai mengikuti rangkaian Bimbingan Manasik Haji yang dikebut selama satu minggu penuh, mulai tanggal 14 Mei 2023 hingga penutupan hari ini, Minggu, (21/5) di Gedung IPHI Wonosobo.

Dalam sambutannya, Albar, menyampaikan agar Petugas Haji maksimal dalam menjalankan tugas dalam mendampingi CHJ,

“Baik petugas medis atau petugas lainnya dimohon untuk maksimal dalam mendampingi dan melayani para tamu Allah. Baik di Saudi atau perjalanan dari Wonosobo menuju embarkasi,” ungap Albar.

Ia juga berpesan kepada seluruh CHJ asal Wonosobo agar menjaga kesehatan agar perjalanan ibadahnya dapat berjalan dengan lancar,

“Perbedaan cuaca antara Arab Saudi dan Wonosobo itu sangat beda. Kalau di Wonosobo itu cenderung dingin di Saudi suhunya agak tinggi. Jadi untuk CHJ sekalian dimohon benar-benar menjaga kesehatan. Penuhi kebutuhan air minum agar tidak dehidrasi,” pesannya.

Sebelum penutupan Manasik oleh Bupati, telah dilakukan bimbingan Manasik Haji dengan tiga materi yaitu tentang kebijakan Pemerintah terhadap jamaah Haji lansia oleh Muhammad Fakih Khusni, selanjutnya materi tentang kebijakan pelayanan kesehatan haji oleh Dinkes Wonosobo, dr. Muhammad Riyatno, M.Kes. dan materi ketiga tentang alur perjalanan ibadah Haji oleh Mahbub.

Selanjutnya, menurut laporan Kankemenag Kab. Wonosobo, seluruh CHJ asal Wonosobo akan diberangkatkan menjadi tiga kloter yaitu kloter 20,21 dan 22. Dengan jadwal keberangkatan yakni Senin s.d Selasa, 29-30 Mei 2023.(Ps-ws/Sua)