Sampaikan Aspirasi Jemaah Melalui Aplikasi Kawal Haji, Kemenag Terbuka!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Pada Mei 2024 Kementerian Agama telah merilis aplikasi Kawal Haji. Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo mengatakan, aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore maupun IoS ini dihadirkan sebagai bagian dari komitmen Kementerian Agama untuk memudahkan akses jemaah dan masyarakat dalam menyampaikan beragam persoalan dalam penyelenggaraan ibadah haji.

“Kawal Haji beri kemudahan jemaah, keluarga jemaah, bahkan masyarakat umum sampaikan keluhan maupun apresiasi. Beragam masalah lebih cepat teridentifikasi dan tertangani. Kita terbuka, apapun itu bisa disampaikan,” terang Wibowo Prasetyo.

Wibowo juga menjelaskan, aplikasi Kawal Haji hadir dengan dua fitur utama. Pertama, pelaporan calon haji, khususnya terkait layanan konsumsi, akomodasi, transportasi, termasuk jika ada calon haji yang terpisah dari rombongan, atau lupa arah pulang ke penginapan.

Sejalan dengan hal itu, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng menyampaikan bahwa aplikasi kawal haji juga memudahkan Kemenag dalam mengindentikasi dan mengevaluasi aspirasi masyarakat. Dirinya juga berharap semua ASN Kemenag Jateng agar tetap Solid dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Alhamdulilah pelayanan di SOC berjalan baik, semua jemaah senang dan gembira. Semua solid dalam melayani jemaah haji dan tetap satu barisan dalam menghadapi tantangan apapun itu,” imbuh Kakanwil. (DA/BEL)