Tingkatkan Serapan Anggaran, Kemenag Gelar Rakor Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan 1 dan Pengumpulan RPD

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga menyelenggarakan Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan I dan Pengumpulan RPD Triwulan II Tahun 2023 pada Kankemang Kota Salatiga pada hari Rabu, 5 April 2023 di Masjid Al Firdaus Kankemenag Kota Salatiga.

Rapat dihadiri Kepala Kantor, Kasubag TU, Para Kasi  dan Gara, Humas, Perencana, Analis Kepegawaian, Arsiparis dan Para Pengelola Anggaran Satker.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman mengatakan tujuan Rakor untuk meningkatkan kinerja sekaligus membahas strategi dan langkah kerja dalam pelaksanaan program dan serapan anggaran pada Triwulan pertama serta membahas hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pencapaian kinerja.

Lerbih lanjut H. Taufiq  dalam pengarahannya mengatakan berdasarkan monitoring dan evaluasi penganggaran pada capaian triwulan satu teridentifikasi beberapa kendala antara lain serapan yang rendah, capaian output yang belum optimal.

“Kegiatan tidak sesuai dengan harapan dan apa yang harus dilaksanakan belum terlaksana sehingga menyebabkan serapan anggaran masih rendah,“ kata Taufiq.

Selanjutnya Taufiq mengajak para pengelola yang hadir untuk menyisir kegiatan yang belum terlaksana dengan pendalamam untuk dilakukan penyebab timbulnya indikasi. “Kita lakukan diagnosa seperti teori kedokteran sehingga diketemukan Rencana Penarikan Dana (RPD) tidak sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan,“ tambah Taufiq.

Sebelumnya Perencana Kantor Kemenag Kota Salatiga, Setiyo Winarso mengatakan target capaian anggaran akhir Juli harus mencapai 70 %. Maka kita harus mengejar kekurangan serapan anggaran yang belum terpenuhi. RPD harus menjadi acuan dan kontrol. Apabila tidak terpenuhi dalam RPD akan adanya memblokiran sehingga apabila sudah diblokir susah untuk membuka kembali.

Rakor diakhiri dengan tutorial pembuatan laporan SAKIP yang dipandu Anggun Taruna Putra.(Humas/Khusnul-YF/Sua)