Bersama Ketua DPRD dan Kajari, Kakankemenag Grobogan Hadir Dalam Penyaluran Bantuan Sembako

Grobogan – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan kembali melakukan aksi sosial untuk meringankan beban warga terdampak pandemi Covid-19, terutama dari kalangan ekonomi lemah. Dan kali ini Kemenag Grobogan menggandeng Ketua DPRD Kab. Grobogan dan juga Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Grobogan dalam pentasyarupan di dua lokasi yang berbeda di Desa Asemruding Kecamatan Geyer dan di Desa Prigi Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan, Senin, (16/08/2021).

Kepala Kemenag Kab. Grobogan, Imron Rosyidi dalam wawancaranya menyampaikan pembagian sembako merupakan kepedulian dari Kemenag Grobogan untuk meringankan beban warga yang mengalami kesulitan akibat pandemi. Terutama sejak diberlakukan PPKM baik Darurat maupun PPKM level 4. Dan pembagian sembako berasal dari zakat potongan gaji dan tunjangan kinerja para ASN Kemenag untuk disalurkan ke orang yang membutuhkan.

“Selama ini pihak Kemenag melalui penyuluh agama turut berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi ini yaitu  gerakan 5M + 1D yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan doa serta membantu berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,”ungkap Imron Rosyidi.

Kakankemenag menambahkan, sejak kasus Covid 19 melanda dunia, hampir seluruh sektor terdampak, tak hanya kesehatan. Sektor ekonomi juga mengalami dampak serius akibat pandemi. Pembatasan aktivitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian.

“Karenannya, kami hadir untuk meringankan beban mereka dengan menyalurkan bantuan yang berupa sembako untuk bisa dimanfaatkan dalam kebutuhan sehari-hari,’’ katanya.

Ketua Kejaksaan Negeri Grobogan, Iqbal, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenag Grobogan yang telah peduli kepada warga terdampak Covid-19 melalui UPZ dalam mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh ASN kankemenag Kabupaten Grobogan yang telah peduli, mampu berbagi atas dasar keikhlasan dan kesadaran, yang bisa turut membantu warga Grobogan yang terdampak PPKM level 4 akibat covid-19 yang saat ini masih ada di Kabupaten Grobogan, kepedulian dari Kemenag Grobogan juga sungguh luar biasa bahkan sudah sejak lama terkait zakat 2,5% kemenag selalu tertinggi,” jelas Iqbal.

Lebih lanjut Kajari meminta kepada jajaran Kemenag Grobogan untuk bisa ikut mensosialisasikan terkait prokes kepada seluruh jajaran yang berada dibawah kantor Kementerian Agama Grobogan. Adapun upaya menekan penyeberan covid-19 yang ada di Grobogan.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, semua pihak termasuk masyarakat harus mau bekerja sama, bergotong royong untuk menghadapi ujian yang berat ini. Kerja keras pemerintah Inshaa Allah bisa berhasil, jika disertai dengan dukungan dan kesadaran dari masyarakat,” lanjutnya.(bd/Sua)