BKM Demak serahkan bantuan untuk masjid di kampung nelayan

Demak – Sore ini tim yang dipimpin oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Demak Thobiq menyusuri ruas perkampungan nelayan. Dengan kondisi jalan yang sempit serta aroma khas kampung nelayan yang dimiliki, nampak beberapa jajaran rumah yang bagus namun selebihnya biasa layaknya umumnya sebuah perkampungan nelayan yang sering kita lihat.

Perjalanan tim Kementerian Agama Kabupaten Demak terhenti di depan sebuah Masjid dua lantai yang megah, nampak hidup dengan dimakmurkan oleh para jamaah yang bersiap menunggu buka puasa bersama dalam rangka penutupan amaliyah Ramadhan.

Kuatnya kerukunan dan kebersamaan dari para jamaah kampung nelayan yang menjadikan segala sesuatu menjadi mungkin manakala segala sesuatunya dekerjakan dan dipikul bersama. Adalah KH. Masyhudi yang menjadi Imam Masjid Al Falah Dusun Betahwalang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tersebut, yang merupakan seorang pensiunan PNS Kementerian Agama.

“Inilah satu-satunya masjid di desa yang telah kami bangun sejak kurun waktu 6 tahun yang lalu, dana yang telah kami kelola untuk membangun masjid ini kurang lebih telah mencapai 4,7 M, dimana sebagian besar berasal dari masyarakat nelayan yang secara konsisten dan istiqomah melakukan iuran untuk pembangunan masjid ini,” ungkap Masyhudi bercerita singkat.

Arsitektur yang megah memberiakn kesan mahal pada masjid tersebut, ornamen mihrab dan dinding dihiasi ukiran kayu jati tua yang menutup semua dinding bagian depan, sedangkan dinding bagian atas dihiasi oleh kaligrafi yang bagus dan kubah masjid bagian atas dihiasi dengan lukisan alam. Sehingga bagi siapa saja yang sedang menunaikan ibadah shalat serasa sedang shalat di bawah kolong langit.

Masjid Al Falah bsudah sejak 5 tahun berada dalam binaan Kementerian Agama Kabupaten Demak. Kepala Kankemenag Kabupaten Demak Thobiq berharap kepada Takmir Masjid untuk “Senantiasa melanjutkan membangun akhlaq masyarakat di sekitar masjid, memberikan pembinaan kepada umatnya untuk tetrap utuh bersatu dalam persasudaraan, karena lebih gampang membangun fisik masjid daripada mengajak untuk giat berjamaah dalam masjid.”

Pada kesempatan tersebut Kankemenag Kabupaten Demak melalui kepala menyerahkan bantuan BKM Kabupaten Demak sebesar Rp. 75.000.000,- yang rencananya utnuk menyempurnakan pembangunan tempat wudlu. (thobiq)