Buka Manasik Haji, Bupati Berpesan peda Calon Jemaah Haji

Rembang — Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan sejumlah pesan kepada para calon jemaah haji. Pesan ini disampaikan Bupati dalam acara pembukaan manasik haji yang digelar oleh Ikatan Haji Persaudaraan Indonesia (IPHI) Kecamatan Kaliori di Pendopo Kecamatan Kaliori, Sabtu (16/03). 

Pembukaan manasik haji ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain Camat Kaliori, Kapolsek Kaliori, Danramil Kaliori, dan Kepala KUA Kaliori, M. Ali Akhyar. 

Bupati menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan. Beberapa bulan sebelum berangkat haji, jemaah haji agar berupaya menjaga kesehatan agar menjelang keberangkatan tidak menunda keberangkatan. Ini utamanya bagi calon haji lanjut usia atau yang punya riwayat penyakit tertentu.

“Mulai sekarang jagalah kesehatan Bapak/Ibu. Agar waktu berangkat nanti tidak ada kendala apa-apa,” kata Abdul Hafidz. 

Bupati juga berpesan, calon haji agar melaksanakan ibadah haji dengan ikhlas. Calon haji harus menata niat sejak dini menunaikan ibadah haji hanya karena Allah SWT semata. “Jika niat kita ikhlas, maka kita akan ringan menjalankan ibadah wajib ini. Jangan pamrih karena manusia,” pesan Bupati.

Manasik haji ini akan diadakan selama seminggu (16-22/3/2019) di gedung IPHI Kaliori yang kantornya bersebelahan dengan pendopo Kecamatan Kaliori. Bupati mengimbau kepada peserta manasik haji Agar mengikuti kegiatan yang diadakan selama seminggu ini.

“Ikutilah manasik ini dengan sebaik-baiknya. Karena manasik ini yang akan melancarkan ibadah kita di Haramain nanti,” ujarnya.

Kepala KUA Kaliori, M. Ali Akhyar mengatakan, manasik haji ini diikuti oleh 30 jemaah haji asal Kaliori dan 12 calon haji asal Sumber. Dia mengatakan, calon haji dari sumber bergabung di Kecamatan Kaliori untuk efisiensi kegiatan. “Calon haji dari kecamatan Sumber relatif sedikit, sehingga manasik haji yang digelar oleh IPHI  berbabung dengan Kaliori, ” kata Ali.
Kegiatan manasik haji ini merupakan inisiatif dari IPHI Kaliori. “Adapun manasik dari Kementerian Agama masih menunggu jadwal,” pungkasnya. (iq/gt)