Bupati dan Wakil Bupati Lakukan Pelepasan Calon Jamaah Haji Kabupaten Wonogiri

Wonogiri – Bupati Wonogiri dan Wakil Bupati Wonogiri  melakukan acara pelepasan calon jemaah haji Kabupaten Wonogiri Tahun 1439 H / 2018 M, Rabu  (25/07) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Forkompinda Wonogiri, Ketua DPRD, Kepala  Kankemenag Wonogiri, Kepala OPD, Ketua IPHI, Ketua MUI  Kabupaten Wonogiri dan 313 calhaj yang tergabung kloter 41 dan 42 SOC.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Wonogiri, Edi Santosa menyampaikan bahwa keberadaan jamaah haji merupakan duta bangsa selain sebagai tamu Allah, setiap jemaah membawa nama baik Indonesia, maka harus bisa dengan baik menempatkan diri. Segala tingkah laku agar bisa dijaga sehingga tidak membuat citra buruk nama baik Indonesia.

Wakil Bupati Wonogiri juga berpesan kepada calon tamu Allah  untuk selalu bersyukur karena setelah sekian lama menunggu akhirnya hari ini bisa berangkat juga, untuk itu calon jemaah haji  di harapkan menjaga kesehatannya mengingat kesehatan adalah mahkota yang tanpanya jemaah tidak bisa beribadah.

Sedangkan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Subadi  yang hadir dalam acara tersebut berharap agar semua jemaah calon haji mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah Arab Saudi saat berada di tanah suci.

Lebih lanjut beliau mengatakan calon jemaah haji  Kabupaten Wonogiri agar menjaga nama baik daerah dan kembali meluruskan niatnya, bahwa keberangkatananya ke Tanah Suci tujuannya Ibadah, maka ikhlaskan niat dan terus mengingat Allah SWT, melalui dzikir dan wirid.

Selain itu, menurut Subadi calhaj juga harus mematuhi segala peraturan yang ada. Jemaah harus mengikuti petunjuk dan arahan dari Ketua Regu (karu), Ketua Rombongan (Karom), Ketua Kloter, serta petugas haji. Mengingat peraturan dibuat untuk kemaslahatan bersama.

“Jemaah agar bisa jaga kesehatan dengan baik. Cuaca di sana jauh lebih panas. Pintar bawa diri, jalankan pola hidup sehat, konsumsi makanan dengan teratur, dan perbanyak konsumsi air,” pesan Ka. Kankemenag.

Sedangkan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo sebelum melepas calhaj berpesan agar calon jemaah bisa menjaga kesatuan, kerukunan, kekompakan, kebersamaan dan membuang jauh-jauh sikap egois serta mematuhi segala arahan dan bimbingan para petugas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan senantiasa menjaga kondisi kesehatan dengan sebaik-baiknya.

“Semoga calon jamaah haji kabupaten Wonogiri di beri kemudahan, sehat wal afiat dalam dalam menjalan rangkaian ibadah di tanah suci, serta pulang menjadi haji yang mabrur,” harap Bupati.  (Mursyid-Heri/Wul)