Bupati Sampaikan Tiga Pesan Kepada Calon Haji

Rembang — Sebanyak 354 calon jemaah haji  asal Rembang yang tergabung dalam kloter 38 diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan Rabu (24/08), pukul 01.00 WIB di Jalan Pemuda KM. 3, depan Gedung Haji. Upacara pemberangkatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz tersebut berlangsung sangat tertib, tak tampak kegaduhan dan suasana berdesak-desakan kerabat calhaj yang turut menyertakan pemberangkatan.

Suasana tertib tersebut juga didukung oleh kedisiplinan calon haji tiba di lokasi pemberangkatan sekitar dua jam sebelum upacara pemberangkatan oleh Bupati. Dari kecamatan masing-masing hingga Gedung Haji, calon haji tetap berada di dalam bus sembari menunggu kedatangan Bupati. Dan pada pukul 01.00 WIB, Bupati dengan menandai keberangkatan dengan menggunakan bendera start.

Sebelum pemberangkatan, Bupati menyampaikan sambutan. Bupati menyampaikan tiga pesan kepada calon jemaah haji. Pertama petugas haji yang terdiri dari TPHD, TKHD, TPHI, TPIHI, Karu dan Karom agar selalu melakukan koordinasi dengan jemaah. Hal ini untuk mendukung kelancaran dalam beribadah dan menangani permasalahan yang mungkin muncul.

Kedua, menjaga sikap ketika ketika berada di tanah suci. “Saudara-saudara jemaah haji, calon dhuyufurrahman, selain beribadah haji, Saudara juga merupakan duta bangsa Indonesia. Sehingga mempunyai kewajiban untuk menjaga sikap dan perilaku sesuai dengan budaya bangsa Indonesia dan juga syari’at Islam. Jagalah nama baik bangsa Indonesia. Kami harap Saudara juga busa menjaga keinginan-keinginan yang busa menimbulkan persoalan negatif,” urai Bupati.

Ketiga, meminta calon haji agar mendo’akan Rembang supaya menjadi daerah yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghafuur. “Kami memohon kepada jemaah, agar sesampainya di tanah suci tidak lupa mendoakan Rembang supaya masyarakatnya kondusif, makmur, sejahtera,” ujar Bupati.

Adapun pemberangkatan tersebut dikawal oleh 35 tim keamanan yang terdiri dari 15 personil TNI, 15 personil polisi, dan 5 personil Satpol PP. 354 calon haji yang terdiri dari 8 rombongan tersebut diberangkatkan dengan 8 bus utama, dan satu bus cadangan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah mengapresiasi panitia yang sukses menyelenggarakan upacara pemberangkatan ini.

Visa Beres

Sementara Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Shalehuddin mengatakan, visa seluruh calon jemaah haji asal Rembang sebanyak 789 jemaah sudah selesai diurus. “Sehingga dipastikan tahun ini keberangkatan calon haji tidak ada yang tertunda karena visa yang belum jadi, seperti tahun lalu,” kata Shalehuddin.—(Shofatus Shodiqoh/gt)