Cek Kesehatan Pegawai Kemenag melalui Posbindu

Purworejo – Pada Kamis, 1 November 2018 diadakan Pelatihan Kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular di Aula Kankemenag Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dihadiri oleh sepuluh orang kader dari Kemenag Purworejo.

Narasumber Muji Sukrilah, A.Ma.Bid. dari Puskesmas Purworejo menyampaikan, bahwa saat ini jumlah penderita penyakit tidak menular meningkat dari tahun ke tahun karena pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, diet tidak seimbang, alkohol dan kurangnya aktivitas fisik. “Posbindu bertujuan untuk mengendalikan faktor risiko penyakit tidak menular di masyarakat seperti darah tinggi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, asam urat, kolesterol, dan lain sebagainya,” ucap Muji.

Masih menurut Sukrilah, Posbindu masuk ke instansi tujuannya untuk screening atau mengetahui secara dini adanya pegawai yang mengidap penyakit tidak menular. Apabila hal tersebut ditemukan, maka pegawai tersebut akan dirujuk ke Puskesmas atau faskes tempat pegawai terdaftar.

Setelah penjelasan mengenai Posbindu, pelatihan dilanjutkan praktek simulasi. Pertama-tama ruangan diatur sesuai dengan alur kegiatan Posbindu menggunakan lima meja yang masing-masing meja diisi oleh dua kader. Meja pertama yaitu tempat pendaftaran. Kader dilatih untuk mengisi form pendaftaran. Meja kedua untuk wawancara pasien. Meja ketiga untuk mengukur tinggi badan, berat badan, dan lingkar pinggang. Meja keempat untuk memeriksa tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Sedangkan meja terakhir untuk konseling dan edukasi.

Melihat antusiasme kader Kemenag Purworejo, Muji Sukrilah merasa senang. “Baru kali ini ada instansi yang antusias menerima Posbindu kit dan pelatihan. Biasanya pegawai yang akan kita kader sudah enggan duluan karena harus mempelajari cara kerja alat kesehatan yang akan digunakan,” terangnya.

Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs. H. Farid Solihin, M.M.Pd. yang ikut hadir dalam pelatihan tersebut menyampaikan, kegiatan Posbindu ini nantinya akan dilaksanakan pada hari Jumat minggu terakhir setiap bulannya. (sgy/sua)