Cetak Penyuluh Yang Aspiratif Dan Produktif Dalam Kegiatannya Kemenag Kab Batang Gelar Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan

Batang – Untuk mempersiapkan Penyuluh Agama Islam yang produktif dan aspiratif maka kemenag Kab. Batang menyelenggaraan pemilihan Penyuluh Agaama Islam Teladan yang digelar pada Kamis (20/05) kemaren di Mulia Resto Kecamatan Tulis.Hadir dalam acara itu Kepala Kantor Kemenag, Kasi Bimas Islam dan seluruh Penyuluh Agama Islam.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M Aqsho dalam sambutan pembukaanya menyatakan bahwa kegiatan ini adalah sebuah kompetisi yang mengarah pada kegiatan yang nyata di masyarakat, sehingga diharapkan siapa saja yang terpilih adalah sebuah realitas dari kompetensi Penyuluh yang harus dilenjutkan dan dikembangkan lagi kedepan.

” Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sebagai penyuluh agama masa depan kususnya di era milenial ini, penyuluh harus bisa mengembangkan dakwahnya dengan pendekatan digital,” ucapnya.

“ Oleh karena itu, jadikan kompetisi ini untuk membuka kesadaran dan meningkatkan kapasitas diri sebagai penyuluh,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H Sodikin selaku penyelenggara menyampaikan bahwa acara ini merupakan program tahunan yang dibiayai DIPA Kemenag Batang tahun 2021 ini dan diikuti oleh 15 peserta yang merupakan utusan dari 15 Kecamatan di Kab Batang dengan kategori Penyuluh PNS Fungsional dan Kategori penyuluh Non PNS.

“Untuk juara pertama, akan dikirim sebagai delegasi Kab Batang pada Lomba tingkat Provinsi Jateng yang akan diselenggarakan bulan Juni mendatang,” jelas H. Sodikin.

Dia menambahkan bahwa dewan juri yang menilai kompetisi itu menurutnya diambilkan dari eksponen yang profesional serta salah satu Penyuluh Senior terdiri dari Hj Al Mukaromah, H Jabir Al Faruqi, dan Abdul Syakur

“ Untuk mendapatkan Juara yang benar-benar bagus, maka saya mengambil para juri yang professional dibidangnya serta didampingi oleh Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh), sehingga insyaallah hasilnya akan dapat dipertanggung jawabkan,” tegasnya.

Diakhir Kegiatannya terpilih sebagai peserta yang terpilih menjadi Penyuluh Agama Islam Teladan tingkat Kabupaten Batang yaitu Kategori Non PNS, Juara 1 Badrudin (utusan KUA Limpung), Juara 2 Abdul Ghofar (utusan KUA Warungasem) dan Juara 3 Nur Sohidin (utusan KUA Pecalungan) sedangkan untuk Kategori PNS/Fungsional Juara 1 Zumrotun Hasanah (utusan KUA Kandeman), Juara 2 Imroatun  Saadah (utusan KUA Tersono) dan Juara 3 Alif Rahman (utusan KUA Blado). ( Zy )