Choiron : Tanamkan Karakter Kebangsaan Sedini Mungkin

Pati – Demi terjalin sinergitas antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pati mengingatkan pentingnya kerukunan umat beragama serta menumbuhkan karakter kebangsaan.

Ihwal tersebut diungkap Ketua FKUB Pati, Achmad Choiron dalam acara sarasehan FKUB Pati yang mengusung tema meneguhkan nilai kemajemukan dalam menciptakan kerukunan umat beragama serta menumbuhkan karakter kebangsaan, di Aula Kantor eks Bakorwil Pati, Sabtu (02/12/2017).

“Landasan sarasehan FKUB di Pati sampai saat ini, alhamdulillah belum ada konflik antar umat beragama, namun kita harus tetap menjalin silaturrahmi antar umat beragama,” ungkapnya.

Pembentukan karakter kebangsaan, lanjut dia, perlu ditingkatkan khususnya untuk generasi muda. Pasalnya, generasi muda perlu pedoman pentingnya cinta negara dan bagaimana menjaga kerukunan antar umat.

“Kami sadar betul, bahwa pembentukan karakter kebangsaan perlu ditanamkan sedini mungkin. Berangkat dari sana, maka kami undang para Kepala Sekolah untuk mensosialisasikan kepada siswa-siswinya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan, percikan paling mudah disulut adalah dari agama, maka dari itu dengan adanya FKUB dibentuk dari pusat hingga daerah mestinya agar saling toleransi antar umat beragama.

“Minimnya pengetahuan oleh kelompok-kelompok garis keras, maupun anak-anak inilah target kita untuk membentuk karakter kebangsaan,” terang Bupati.

Ditambahkan, pihaknya memohon kepada para tokoh agama para kepala sekolah yang merupakan kepanjangan tangan, untuk menyampaikan kepada masyarakat, anak-anak tentang kerukunan umat beragama serta menumbuhkan karakter kebangsaan. (Wr/Athi’/bd)