Debarkasi Solo Siap Sambut Jemaah Haji Kloter 01

Boyolali – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo menyelenggarakan apel siaga persiapan penyambutan jemaah haji masa pemulangan di halaman Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Minggu (18/09). Sebanyak 176 satuan petugas (satgas) PPIH beserta jajaran PPIH ikut dalam apel siaga tersebut.

Dalam apel siaga, Ketua Syaifuddin Zuhri memberikan penekanan kepada seluruh Satgas PPIH Debarkasi Solo dapat melayani jemaah haji dengan ramah, sabar, tetapi tidak melupakan kecepatan dan ketepatan karena jemaah haji sudah lelah dan letih setelah melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Dan yang tidak kalah penting, Satgas harus memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dan senantiasa berkoordinasi baik internal maupun dengan instansi terkait demi kelancaran dalam melayani duyufurrahman.

“Mari kita siapkan diri masing-masing sesuai dengan bidang tugas demi peningkatan permorfance kita dalam pelayanan kepada jemaah, mulai dari bidang penerbangan, imigrasi, kesehatan saling bekerja sama dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi jemaah haji,” tegas Syaifuddin.

Kloter 01 asal Kabupaten Tegal menurut rencana diterbangkan dari Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jedda pada pukul 02:40 WAS dan mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 19:25 WIB, selanjutnya dari bandara jemaah akan dibawa menuju Debarkasi Solo yang bertempat di Asrama Haji Donohudan dengan menggunakan bus dari Garuda.

“Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Garuda terkait keberangkatan pesawat GA 6701 yang membawa jemaah haji kloter 01 menuju Tanah Air, namun sampai dengan saat ini informasi dari PPIH Arab Saudi maupun petugas kloter melalui sosial media grup Whatsapp menyebutkan bahwa pesawat pembawa jemaah kloter 01 belum lepas landas, sehingga dimungkinkan kedatangan kloter 01 mengalami penundaan,” lanjutnya.

“Kita berharap seluruh prosesi pemulangan jemaah pada tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta jemaah haji dapat terlayani secara maksimal,” tambahnya.

Ditambahkan, pada masa pemulangan jemaah haji ini dimulai dari tanggal 18 September 2016 hingga 15 Oktober 2016, ada 74 kloter jemaah haji Debarkasi Solo yang terbagi dalam 2 gelombang, yakni kloter 01 sampai dengan kloter 34 masuk dalam gelombang I akan dipulangkan menuju Tanah Air melalui Bandara KAA Jeddah sedangkan kloter 35 sampai dengan kloter 74 masuk dalam gelombang II akan dipulangkan melalui Bandara Amir Muhammmad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sesuai jemaah haji melaksanakan ibadah sunnah shalat 5 waktu selama delapan hari berturut-turut atau yang biasa disebut dengan arbain.

Hingga sampai dengan hari ini Minggu (18/09) total jemaah haji Debarkasi Solo yang wafat sebanyak 24 orang, dan yang masih memerlukan perawatan karena alasan kesehatan sebanyak 16 jemaah. (gt/gt)