Dibantu Polres, 350 Siswa MTsN 1 Purbalingga Ikuti Vaksinasi Tahap I

Siswa-siswi MTsN 1 Purbalingga mengikuti tahapan-tahapan pada proses vaksinasi Sinovac di komplek madrasah setempat, Rabu (22/9/2021).

Purbalingga – Sejumlah 350 Siswa MTs Negeri 1 Purbalingga mengikuti vaksinasi Sinovac dosis pertama sebagai bagian dari persyaratan penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di madrasah tersebut. Pelaksanan vaksinasi berlangsung di komplek madrasah, Rabu (22/9/2021)

Kepala MTs Negeri 1 Purbalingga Hj. Siti Mudrikah dalam keterangannya menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kerjasama madrasahnya dengan Polres Purbalingga dan Puskesmas Kecamatan Karanganyar. Dengan keterbatasan kuota vaksin yang diberikan, pihaknya mengambil keputusan untuk memprioritaskan siswa kelas VIII dan kelas IX.

Atas nama Satuan Kerja Mudrikah menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi Camat Karanganyar selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 yang bersedia mendampingi proses vaksinasi dari pagi hingga siang hari.

“Apresiasi dan terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Camat, Puskesmas Karanganyar dengan para Tenaga Kesehatannya, tidak lupa guru dan pegawai madrasah yang sudah mengkondisikan pelaksanaan vaksinasi sehingga berjalan lancar. Semoga vaksinasi tahap 2 yang akan dilaksankan pada tanggal 20 Oktober 2021 yang akan dating bisa lebih maksimal lagi,” ungkapnya.

Mudrikah juga memberikan apresiasi kepada Polres Purbalingga yang dengan resposif menerima usulan permintaan vaksinasi dan memberikan 500 kuota vaksin untuk MTs Negeri 1 Purbalingga.

Waka Humas Abas Rosadi dalam keterangannya menjelaskan, pada prosesnya pelaksanaan vaksinasi diawali dengan briefing antara jajaran Polres, Polsek, Koramil, Kecamatan, dan Puskesmas yang dipimpin oleh Camat Karanganyar Pratono Aprijadi.

“Pada kesempatan tersebut, Bapak Camat selaku ketua Tim Gugus Covid-19 menyampaikan agar kita jangan terlalu bereuforia dengan menurunnya kasus covid di Purbalingga. Karena yang terbaru ada kluster pelajar di salah satu SMP Negeri yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bapak Camat meminta agar kita jangan sampai lengah, harus selalu menerapkan Prokes 5M,” ujarnya.

Dukung PTM

Wakapolres Purbalingga Kompol Sopanah dalam keterangannya menjelaskan, Polres Purbalingga turut aktif dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan ikut menyukseskan program vaksinasi dengan mem-back up Dinas Kesehatan sehingga proses vaksinasi cepat terserap dengan salah satu sasarannya adalah sekolah dan madrasah.

“Kami dari Gerai Vaksin Presisi Polres Purbalingga, ini adalah program untuk mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi oleh pemerintah di mana diharapkan dengan semakin banyak yang tervaksin tingkat imun bagi anak-anak akan terbentuk. Selain itu juga dalam rangka menyiapkan pembelajaran tatap muka yang sekarang dari beberapa sekolah sudah mengajukan ke Gugus Covid-19. Kami berharap untuk anak-anak yang lain mau divaksin. Ini semua demi kesehatan agar anak-anak bisa kembali beraktivitas dengan pembelajaran tatap muka,” ungkapnya.

Ia juga berpesan, meskipun sudah divaksin semua harus tetap menerapkan Prokes 5M secara ketat karena jangan sampai ada lagi cluster pelajar seperti yang terjadi sebelumnya.* (sar/bd}